PLTGU Riau Kapasitas 275 MW Resmi Beroperasi

PLTGU Riau Kapasitas 275 MW Resmi Beroperasi

Nasional | republika | Kamis, 12 Mei 2022 - 19:27
share

KAKI BUKIT , Pekanbaru Provinsi Riau menambah satu pembangkit listrik. Sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) kapasitas 275 MW yang berlokasi di komplek industri Tenayan Raya, Pekanbaru resmi beroperasi di daerah yang kaya minyak dan gas tersebut.

Peresmian PLTGU milik oleh PT Medco Ratch Power Riau (MRPR) perusahaan patungan antara PT Medco Power Indonesia dengan Ratch Group oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Kamis, (12/5). PLTGU tersebut telah beroperasi secara komersial sejak Februari 2022.

Pada peresmian yang dihadiri Direktur Utama PT PLN Persero Darmawan Prasodjo, Wakil Gubernur Provinsi Riau Edy Natar Nasution, Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk Hilmi Panigoro tersebut, Direktur PT Medco Power Indonesia Eka Satria menjelaskan bahwa, PLTGU Riau tersebut didesain dengan mesin combined cycle berbasis teknologi terkini.

PLTGU Riau menghasilkan listrik yang efisien, ramah lingkungan dan memenuhi standard Internasional untuk emisi gas buang dan manajemen kualitas lingkungan, katanya.

Dalam keterangan resmi PT Medco Enegi, menyatakan bahwa dengan selesainya proyek PLTGU Riau menunjukkan komitmen Medco Power dalam mendukung program pemerintah dalam mengembangkan infrastruktur mega-proyek kelistrikan, sekaligus mengembangkan portofolio bisnis gas to power secara berkelanjutan.

Sementara itu Direktur Utama Medco Energi Hilmi Panigoro mengatakan, PLTGU Riau adalah bagian dari komitmen kami dalam menyediakan energi bersih dan ramah lingkungan. Proyek ini juga sejalan dengan komitmen MedcoEnergi dalam mencapai emisi Net Zero untuk Scope 1 dan Scope 2 pada 2050 dan Scope 3 pada 2060 serta mendukung program energi transisi Pemerintah. (maspril aries)

Topik Menarik