Aksi May Day 14 Mei Bakal Dibanjiri 60.000 Buruh, Polisi Imbau Masyarakat Tak Olahraga di GBK

Aksi May Day 14 Mei Bakal Dibanjiri 60.000 Buruh, Polisi Imbau Masyarakat Tak Olahraga di GBK

Nasional | inewsid | Kamis, 12 Mei 2022 - 17:44
share

JAKARTA, iNews.id - Pihak kepolisian mengimbau masyarakat untuk tak berolahraga di Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (14/5/2022) nanti. Sebab, GBK akan dijadikan lokasi puncak Hari Buruh yang diikuti 60.000 orang.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo meminta masyarakat agar menahan diri beraktivitas olahraga di GBK. Sebab sudah terdapat koordinasi kendaraan terkait massa buruh May Day.

"Termasuk hari Sabtu juga sebaiknya nggak berolahraga dulu di GBK karena dari pagi akan ada kedatangan bus-bus di antara 800 sampai 1.000 bus yang akan angkut massa hadiri May Day Fiesta," kata Sambodo kepada wartawan, di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

Tak hanya itu, Sambodo juga mengimbau masyarakat agar tidak melintasi kawasan yang kerap dipakai massa dalam berunjuk rasa. Sebab selain, akan diadakan rekayasa lalu lintas, dikhawatirkan masyarakat akan terjebak di lokasi.

"Kami imbau kepada seluruh warga Jakarta sebaiknya pada Sabtu sejak pagi hingga sore hindari kawasan Senayan dan depan MPR, DPR. Artinya kawasan Gatsu Senayan, Gerbang Pemuda Asia Afrika Jalan jenderal Sudirman sebaiknya dihindari," tuturnya.

Menurutnya, pihak kepolisian tengah memutar otak untuk mengatur bus-bus yang ada di GBK. Termasuk dalam mengatur aksi massa menemukan bus-bus yang ia tumpangi sebelumnya.

"Jadi beberapa pintu masuk yang digunakan, ialah pintu sebelah 10 yang depan TVRI dan pintu 7 depan hotel Sultan dan bisa juga pintu 10 dan 7 ada kepadatan kami masukan di pintu 5 dekat FX nanti bisa ke GBK," ujar dia.

Seperti diketahui, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengklaim, puncak May Day nantinya justru akan terjadi pada tanggal 14 Mei 2022 di stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

"Bersama rakyat bersama buruh Indonesia dan tanggal 14 kami akan bersama-sama 60.000 buruh kita akan berada di GBK nanti 14 mei dengan damai untuk menyuarakan tuntutan yang sama," ujar Andi kepada wartawan, di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

Topik Menarik