Inggris Konfirmasi Kasus Cacar Monyet atau Monkeypox, Kenali Gejalanya

Inggris Konfirmasi Kasus Cacar Monyet atau Monkeypox, Kenali Gejalanya

Nasional | republika | Kamis, 12 Mei 2022 - 16:34
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas kesehatan di Inggris telah mengkonfirmasi kasus cacar monyet pada seseorang yang baru saja terbang dari Nigeria. Menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), pasien menerima perawatan spesialis di unit isolasi di unit rumah sakit penyakit menular Guy dan St Thomas di London.

Dilansir dari NBCNews, Kamis (12/5/2022), UKHSA tidak merilis rincian apa pun tentang jenis kelamin atau usia orang tersebut tapi mengatakan sedang berupaya mengidentifikasi siapa saja yang telah melakukan kontak dekat dengan pasien yang terinfeksi, termasuk orang-orang yang bepergian dengan penerbangan yang sama.

Monkeypox adalah kerabat cacar, penyakit yang telah diberantas pada tahun 1980, tapi kurang menular, menyebabkan gejala yang lebih ringan dan kurang mematikan. Penyakit ini biasanya berlangsung selama dua sampai empat minggu dan gejala dapat muncul di mana saja dari lima sampai 21 hari setelah infeksi.

Gejala cacar monyet biasanya dimulai dengan campuran demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, kedinginan, kelelahan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala terakhir inilah yang biasanya membantu dokter membedakan cacar monyet dari cacar air atau cacar, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Begitu Anda demam, ciri utama cacar monyet, ruam yang parah, cenderung berkembang satu hingga tiga hari kemudian, sering kali dimulai pada wajah dan kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Jumlah lesi dapat berkisar dari beberapa hingga ribuan. Lesi akan melalui proses pematangan yang buruk, dari makula (lesi datar) menjadi papula (lesi terangkat), vesikel (lesi berisi cairan), kemudian pustula (lesi berisi nanah) dan akhirnya keropeng (lesi berkerak) sebelum akhirnya jatuh mati.

Virus cacar monyet termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. Ini pertama kali ditemukan pada tahun 1958 ketika dua wabah penyakit seperti cacar terjadi pada monyet laboratorium yang disimpan untuk penelitian, maka namanya. Tapi monyet mungkin bukan yang harus disalahkan atas wabah, dan reservoir alami cacar monyet masih belum diketahui, meskipun WHO mengatakan hewan pengerat adalah yang paling mungkin.

Di Afrika, bukti infeksi virus cacar monyet telah ditemukan pada banyak hewan termasuk tupai tali, tupai pohon, tikus rebus Gambia, dormice, berbagai spesies monyet, ujar badan kesehatan PBB.

Cacar monyet pada manusia terutama menyebabkan wabah di wilayah hutan hujan tropis di Afrika Tengah dan Barat dan biasanya tidak terlihat di Eropa. Republik Demokratik Kongo (DRC) memiliki kasus cacar monyet pertama yang tercatat pada manusia pada tahun 1970.

Sejak itu, kasus telah dilaporkan di 11 negara Afrika, Benin, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Pantai Gading, Liberia, Nigeria, Republik Kongo, Sierra Leone, dan Sudan Selatan. Wabah cacar monyet pertama yang dilaporkan di luar Afrika dikaitkan dengan impor mamalia yang terinfeksi pada tahun 2003 di Amerika Serikat, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Baru-baru ini, pada 2018 dan 2019, dua pelancong dari Inggris, satu dari Israel, dan satu dari Singapura, semuanya dengan riwayat perjalanan di Nigeria, didiagnosis menderita cacar monyet setelah wabah besar di sana, menurut badan kesehatan Eropa sendiri, European Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (ECDC).

Topik Menarik