Raksasa Minyak Saudi Aramco Melengserkan Apple Sebagai Perusahaan Paling Berharga di Dunia

Raksasa Minyak Saudi Aramco Melengserkan Apple Sebagai Perusahaan Paling Berharga di Dunia

Nasional | riau24.com | Kamis, 12 Mei 2022 - 14:50
share

RIAU24.COM-Raksasa minyak Saudi Aramco telah mencopot Apple sebagai perusahaan paling berharga di dunia.Ini terjadi di tengah melonjaknya harga minyak yang mendorong saham perusahaan dan saham teknologi di sisi lain, merosot.

Perusahaan minyak dan gas alam publik Arab Saudi diyakini sebagai perusahaan penghasil minyak terbesar di dunia dan salah satu perusahaan terbesar di dunia berdasarkan pendapatan.

Saudi Aramco bernilai USD 2,42 triliun kemarin, berdasarkan harga sahamnya pada penutupan pasar, menurut berita AFP.

zxc1

Sementara itu, Apple termasuk di antara saham teknologi yang mengalami penurunan harga sahamnya selama sebulan terakhir.Apple, yang telah menjadiperusahaan pertama di dunia yang mencapai penilaian $3 triliunpada Januari 2022, bernilai $2,37 triliun ketika perdagangan resmi berakhir kemarin. Sebelumnya, Apple telah melampaui Saudi Aramco untuk menjadi perusahaan publik paling berharga di dunia pada tahun 2020.

Penurunan harga saham terjadi meskipun Apple melaporkan laba yang lebih baik dari perkiraan pada kuartal pertama tahun ini di tengah permintaan konsumen yang kuat, menuruthasil keuangan yang diungkapkan bulan lalu. Namun,Apple baru-baru ini memperingatkan bahwa penguncian Covid-19 China dan kesengsaraan rantai pasokan yang sedang berlangsung dapat mengurangi hasil kuartal Juni sebesar $4 hingga $8 miliar.

Raksasa minyak Saudi Aramco, di sisi lain, baru-baru ini melaporkan lonjakan laba bersih 124% untuk tahun lalu. Ketika ekonomi dunia mulai pulih dari pandemi Covid-19, "Laba bersih Aramco meningkat 124% menjadi USD110,0 miliar pada tahun 2021, dibandingkan dengan USD49,0 miliar pada tahun 2020," kata perusahaan itu, sesuai berita AFP.

zxc2

Perusahaan, yang merupakan salah satu pengekspor minyak mentah utama dunia, dilaporkan berada di bawah tekanan untuk meningkatkan produksi karenainvasi Rusia ke Ukraina dan sanksi berikutnya terhadap Moskow telah mengguncang pasar energi global. Saham dan harga energi telah meningkat karena investor terus menjual ekuitas di beberapa industri, termasuk teknologi, di tengah kekhawatiran lingkungan ekonomi yang memburuk.Saham Apple telah jatuh hampir 20% sejak puncaknya $ 182,94 pada 4 Januari 2022, sedangkan saham Aramco naik lebih dari 27% sejauh ini pada tahun 2022. sesuai laporan CNBC.

Apa Kata CEO Saudi Aramco?

Presiden dan CEO Saudi AramcoAmin Nasser memperingatkan bahwa prospek perusahaan tetap tidak pasti sebagian karena "faktor geopolitik". Dia mengatakan "Kami terus membuat kemajuan dalam meningkatkan kapasitas produksi minyak mentah kami, melaksanakan program ekspansi gas kami dan meningkatkan kapasitas cairan kami menjadi bahan kimia."

Berbicara tentang hasil keuangan, dia mengakui bahwa "kondisi ekonomi telah meningkat pesat".

Topik Menarik