Loading...
Loading…
Orang Dewasa Juga Bisa Kena Hepatitis Misterius, Biasakan Cuci Tangan Dengan Air Dan Sabun

Orang Dewasa Juga Bisa Kena Hepatitis Misterius, Biasakan Cuci Tangan Dengan Air Dan Sabun

Nasional | rm.id | Rabu, 11 Mei 2022 - 19:18

Kepala Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Titi Sundari mengingatkan, orang dewasa ataupun lanjut usia dapattertular hepatitis akut misterius. Meski rata-rata kasus global saat ini menjangkiti usia anak-anak.

"Sebetulnya, penyakit hepatitis akut bisa mengenai semua usia. Hanya saja, laporan kasusnya saat initerjadi pada anak umur satu bulan sampai 16 tahun," kata Titi Sundari dalam webinar hari ini, Rabu (11/5).

Titi menjelaskan, salah satu upaya terhindar dari penularan penyakit - termasuk hepatitis akut - adalah dengan menjaga kebersihan tangan.

Karena itu, ia menyarankan masyarakat, agar lebih sering mencuci tangan dengan benar, menggunakan sabun dengan air mengalir.

Dengan sabun, tegangan permukaantangan dapat diturunkan. Sehingga, kuman yang melekat akan mudah lepas.

"Cuci mulai dari telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, hingga ujung jari. Jangan hanya sekadarmembasuh air saja. Apalagi, nggakpakai sabun. Setelah cuci tangan, jangan lupa keringkan, agar tetap higienis," papar Titi.

Membersihkan tangan, sebetulnya jugabisa dengan hand sanitizer . Alkohol pada hand sanitizer , dapat berperan sebagai antiseptik yang bisa membunuh 90 persen bakteri, virus, dan jamur.

Baca Juga :
Rentan Terhadap Anak, Sosialisasi Penyakit Hepatitis Akut Digencarkan

Namun, pada kasus hepatitis akut, masyarakat sebaiknya lebih sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

"Sebab, dalamkasus hepatitis akut sekarang ini, adenovirus diduga kuat menjadi penyebab. Sementara alkohol 70 persen pada hand sanitizer , tidak cukup efektif untuk membunuh kuman tersebut," terang Titi.

"Sehingga,pedoman WHO pun menyampaikan,mencuci tangan lebih baik menggunakan sabun dan air mengalir," pungkasnya. [HES]

Original Source

Topik Menarik