Presiden Jokowi Direncanakan Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende

Presiden Jokowi Direncanakan Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende

Nasional | gatra.com | Rabu, 11 Mei 2022 - 18:31
share

Ende, Gatra.com - Peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional akan dilaksanakan di Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur pada 1 Juni 2022 mendatang. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan memimpin langsung upacara peringatan dasar negara itu. Ada 18 pejabat negara akan hadir bersama Presiden mengikuti upacara tersebut.

"Terkonfirmasi Presiden Jokowi akan hadir sekaligus menjadi IRUP dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 mendatang. Untuk pejabat negara masih bisa akan berubah mengikuti perkembangan untuk beberapa hari ke depan," kata Bupati Ende, Djafar Ahmad pada Rabu (11/5).

Lebih lanjut Djafar menyebutkan, selain Presiden Jokowi bersama Ibu Negara, Wakil Presiden Ma\'aruf Amin bersama istrinya, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI AA Lanyalla Mattalitti, juga direncanakan hadir. Juga Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan sejumlah pejabat tinggi lainnya.

"Untuk ibu Megawati sudah kami undang. Saat ini kami masih masih menunggu kepastian kehadirannya. Akomodasi untuk Ibu Mega telah disiapkan," jelas Djafar.

Dia menyebutkan, peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional kali ini hanya berpindah tempat dari Istana negara ke Ende. Target Pemda Ende saat ini yakni wisata sejarah serta pengakuan terhadap Ende sebagai tempat dan rahimnya Pancasila.

Target kami adalah wisata sejarah, sebuah pengakuan bahwa Ende sebagai tempat dan rahimnya Pancasila harus dituangkan dalam Keputusan Presiden, katanya.

Djafar mengaku komunikasi dengan pihak Sekretariat Negara dan BPIP sudah dilakukan. Kami optimis Presiden Jokowi akan hadir dan memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, ucapnya.

Ia menyebut bahwa persiapan untuk upacara tersebut saat ini sudah mencapai 99%. Pembenahan terus dilakukan menyongsong peringatan Hari Lahir Pancasila, baik di Lapangan Pancasila, Taman Renungan Bung Karno dan di Rumah Pengasingan.

"Selain pembenahan di Lapangan Pancasila, Taman Renungan Bung Karno dan di rumah pengasingan, kami juga mendirikan ruang ICU Mini di seputaran Lapangan Pancasila sesuai standar Kepresidenan,"jelasnya.

Seperti diberitatakan Gatra.com sebelumnya,Pemerintah Kabupaten Ende akan mengundang Presiden RI, Joko Widodo untuk menghadiri Perayaan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 mendatang di kota Ende Provinsi NTT.

"Pancasila itu dilahirkan Bung Karno dari isi perut bumi Ende. Oleh karena kami akan mengundang Presiden Joko Widodo alias Jokowi untuk menghadiri Perayaan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 mendatang," kata Bupati Djafar Ahmad ( 4/4).

Dengan kehadiran Presiden Jokowi jelas Djafar, Pemerintah Kabupaten Ende akan mendorong Ende menjadi pusat belajar Pancasila bagi generasi muda bangsa di Ende khususnya dan secara nasional umumnya.

Kami upayakan agar Presiden bisa mengeluarkan satu keputusan untuk Ende menjadi pusat belajar pancasila. Baik itu secara khusus untuk Ended an secara nasional, jelas Djafar.

Ende urai Bupati Djafar merupakan bagian penting dari sejarah Kemerdekaan Indonesia. Pasalnya, saaat Bung Karno dibuang ke Ende oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada 1934-1938 di bawah pohon sukun Bung Karno merenung dan menghadilkan lima sila Pancasila.

Saat ini kami tengah melakukan beragam persiapan, termasuk membenahi situs sejarah yang terkait dengan Bung Karno. Kami upayakan agar sebelum perayaanhari lahirnya Pancasila semua sudah mantap. Karena Pressiden Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi situs Bung Karno ini, kata Djafar.

Topik Menarik