Waduh! Singgung Penyakit Ini, Presiden RI Joko Widodo Tiba-tiba Minta ke Menterinya Berlakukan Lockdown, Ada Apa?

Waduh! Singgung Penyakit Ini, Presiden RI Joko Widodo Tiba-tiba Minta ke Menterinya Berlakukan Lockdown, Ada Apa?

Nasional | koran-jakarta.com | Rabu, 11 Mei 2022 - 13:57
share

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk memberlakukan lockdown zonasi. Ini bertujuan untuk mencegah mutasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menimpa hewan ternak dari satu wilayah ke wilayah lain.

"Saya minta ini Menteri Pertanian, segera dilakukan lockdown zonasi, lockdown di wilayah, sehingga mutasi ternak dari satu tempat ke tempat yang lain atau pergerakan ternak dari kabupaten ke kabupaten apalagi provinsi ke provinsi bisa dicegah," kata Jokowi, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Rabu (11/5).

Jokowi juga meminta jajarannya membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk menangani wabah tersebut.

"Bentuk Satgas, sehingga jelas siapa yang nanti bertanggung jawab," ucapnya.

Selain itu, ia juga menginstruksikan Kapolri Jendral Listyo Sigit melakukan penjagaan ketat di lapangan terkait pergerakan hewan ternak dari daerah ke daerah lain.

"Saya juga minta Kapolri betul-betul menjaga ini di lapangan mengenai pergerakan ternak dari daerah-daerah yang sudah dinyatakan ada penyakit mulut dan kuku," pinta dia.

Sebagai informasi, wabah PMK tengah menyebar di Jawa Timur dengan menular ke hewan ternak seperti sapi. Data mencatat ada 1.247 ekor hewan ternak di Jawa Timur terjangkit wabah PMK. Wabah itu telah menyebar di empat kabupaten di Jatim yaitu Kabupaten Lamongan, Mojokerto, Gresik dan Sidoarjo.

Menkes Budi Gunadi Sadikin memastikan wabah PMK ini tak menular dari hewan ke manusia. Menurutnya, wabah itu hanya menular antara hewan yang satu dengan yang lain.

Topik Menarik