PGA Tour Ancam Pegolf yang Ikuti Turnamen Sempalan Dukungan Saudi

PGA Tour Ancam Pegolf yang Ikuti Turnamen Sempalan Dukungan Saudi

Nasional | jawapos | Rabu, 11 Mei 2022 - 14:36
share

JawaPos.com PGA Tour menolak permintaan para pegolf agar diizinkan bermain dalam LIV Golf Invitational Series di London bulan depan.

Seri baru yang menawarkan hadiah besar-besaran itu akan dimulai 9 Juni akan bentrok dengan ajang RBC Canadian Open.

Dengan demikian, anggota Tour tidak diizinkan turut serta dalam Saudi Golf League di London berdasarkan Peraturan kami, kata Tyler Dennis, VP senior & kepala operasi di PGA Tour, dalam surat elektronik yang diterima Reuters.

Sebagai organisasi yang memiliki anggota, kami percaya keputusan ini adalah demi kebaikan PGA Tour dan para pemainnya ke depannya.

Langkah ini dilakukan setelah PGA Tour mengeluarkan rilis acara untuk turnamen-turnamen non-PGA Tour.

Phil Mickelson, Sergio Garcia, dan Lee Westwood termasuk di antara pegolf yang telah meminta izin sebelum PGA Tour melarang talenta-talenta topnya berpartisipasi dalam liga golf sempalan itu.

Jika para pemain tetap memilih bermain, maka mereka bisa menghadapi tindakan indisipliner dari PGA Tour.

Greg Norman, CEO LIV, mengatakan pada Selasa bahwa turnamen ini telah mendapatkan tambahan dana USD 2 miliar. Dia juga mengatakan sejumlah pegolf top menyatakan akan bermain.

Tak ada tur di dunia ini yang menguasai (mendominasi) golf, kata Norman. Sudah terjadi monopoli selama 53 tahun.

Mickelson yang enam kali juara turnamen utama mengumumkan Februari lalu mengaku istirahat dari golf setelah kontroversi terjadi atas komentarnya tentang pemerintah Arab Saudi, yang mendanai liga golf baru itu.

Mickelson kemudian meminta maaf kepada LIV atas pernyataannya yang sembrono mengkritik catatan hak asasi manusia pemerintah Saudi.

Topik Menarik