Loading...
Loading…
Pimpinan KPK Diminta Minimalisir Gimik Politik

Pimpinan KPK Diminta Minimalisir Gimik Politik

Nasional | jawapos | Kamis, 25 Juni 2020 - 16:47

JawaPos.com Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk tidak secara terus menerus melakukan gimik politik. Sebab hal itu dipandang tidak sesuai dengan konsep KPK.

Kami dorong KPK untuk meminimalisir gimik politik, karena tidak sesuai dengan konsep KPK, kata peneliti Transparency Internasional Indonesia (TII) Alvin Nicola, dalam diskusi daring Peluncuran Hasil Pemantauan Kinerja KPK Semester I (Desember 2019-Juni 2020), di Jakarta, Kamis (25/6).

Alvin juga mengharapkan, agar KPK dapat menjamin adanya perlindungan terhadap pegawai KPK yang sedang menjalankan tugas. Serta mengedepankan nilai-nilai transparansi dan akuntabilitas dalam konteks mengeluarkan kebijakan apapun.

Meningkatkan partisipasi publik dalam setiap seleksi jabatan internal dan kami juga mendorong segera selesaikan rencara strategi pimpinan KPK periode ini, beber Alvin.

Lebih lanjut, Alvin juga mendorong agar KPK dapat menyoroti korupsi pada sektor politik. Hal ini dinilai yang menjadi akar praktik rasuah di Indonesia.

Banyak studi dan riset dari teman pakar dimana mengindikasikan pentingnya untuk masuk ke sektor politik, beber Alvin.

Menurutnya apabila tidak berani dan tidak mampu merumuskan strategi pencegahan korupsi pada sektor politik, pencegahan korupsi dalam strategi apapun akan menemui jalan buntu.

Kami rasa penting untuk masuk juga secara spesifik dan sistemik, pencegahan korupsi di sektor politik, tukasnya.

Dilain pihak, dikonfirmasi perihal adanya kritikan keras dari pegiat antikorupsi, Ketua KPK Firli Bahuri hingga Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri belum merespons pesan konfirmasi yang dilayangkan JawaPos.com.

Original Source

Topik Menarik