Setidaknya 3.000 Orang Telah Meninggal di Ukraina Karena Kekurangan Obat-Obatan

Setidaknya 3.000 Orang Telah Meninggal di Ukraina Karena Kekurangan Obat-Obatan

Nasional | riau24.com | Rabu, 11 Mei 2022 - 11:47
share

RIAU24.COM- Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Eropa mengatakan pada Selasa, 10 Mei 2022bahwa setidaknya 3.000 orang telah meninggal di Ukraina sejak invasi Rusia pada Februari karena mereka tidak dapat mengakses perawatan untuk penyakit kronis.

Sejauh ini, badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mendokumentasikan sekitar 200 serangan di Ukraina terhadap fasilitas kesehatan, dan beberapa rumah sakit saat ini berfungsi, Hans Kluge mengatakan pada pertemuan regional 53 negara anggota WHO serta rekan badan senior.

zxc1

"Empat puluh persen rumah tangga memiliki setidaknya satu anggota yang membutuhkan perawatan kronis yang tidak dapat mereka temukan lagi, mengakibatkan setidaknya 3.000 kematian dini yang dapat dihindari," katanya dalam pidatonya, menyebutkan penyakit seperti HIV/AIDS dan kanker.

Matilda Bogner, kepala misi pemantauan hak PBB untuk Ukraina, mengatakan pada hari Selasa bahwa dia telah melihat tingkat kematian meningkat karena kurangnya akses ke perawatan.

"Hak atas kesehatan telah sangat terpengaruh di seluruh negeri," katanya.Di salah satu ruang bawah tanah sekolah yang sempit di Yahidne, 10 orang tua meninggal karena tidak aman untuk meninggalkan tempat penampungan, katanya pada pengarahan terpisah.

Pejabat WHO mengatakan pekan lalu mereka mengumpulkan bukti untuk kemungkinan penyelidikan kejahatan perang terhadap serangan yang dikatakan telah didokumentasikan oleh Rusia. Moskow telah membantah tuduhan sebelumnya oleh Ukraina dan negara-negara Barat tentang kemungkinan kejahatan perang dan juga membantah menargetkan warga sipil dalam perang. Pada pertemuan WHO, yang diadakan di Kopenhagen dan dihadiri oleh banyak orang secara virtual, para anggota mengeluarkan resolusi yang dapat mengakibatkan penutupan kantor regional Rusia dan penangguhan pertemuan di negara tersebut.

zxc2

Utusan Rusia Andrey Plutnitsky menentang resolusi itu dan mengatakan dia "sangat kecewa".

Beberapa telah mengkritik langkah-langkah WHO, mengatakan mereka tidak pergi cukup jauh."Menutup hub Rusia di Eropa tampaknya lemah lembut. (Presiden Rusia Vladimir) Putin tidak akan peduli," kata Lawrence Gostin, seorang profesor di Georgetown Law di Washington, DC, yang mengikuti WHO.

Para diplomat mengatakan kepada Reuters bahwa mereka telah membatalkan upaya untuk menangguhkan Rusia dari dewan eksekutif WHO karena teknis hukum, meskipun anggota akhir bulan ini dapat berusaha untuk membekukan hak suara Rusia. Moskow menyebut tindakannya di Ukraina sejak 24 Februari sebagai "operasi militer khusus" untuk melucuti senjata negara itu dan menyingkirkan apa yang disebut Kremlin sebagai nasionalisme anti-Rusia yang dipicu oleh Barat.Ukraina dan Barat mengatakan Rusia melancarkan perang agresi yang tidak beralasan.

Topik Menarik