Jusuf Kalla Terima Penghargaan Dari Jepang

Jusuf Kalla Terima Penghargaan Dari Jepang

Nasional | bukamatanews | Rabu, 11 Mei 2022 - 10:01
share

BUKAMATA -Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, M. Jusuf Kalla, mendapat penghargaan tertinggi dari pemerintah Jepang berjuluk Grand Cordon of the Order of the Rising Sun. Penghargaan diserahkan pada Selasa (10/5/2022), kemarin.

Jusuf Kalla putera pasangan Haji Kalla-Athirah, kelahiran Bone 15 Mei 1942 yang akrab disapa JK meraih bintang tanda jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun karena dianggap berkontribusi meningkatkan hubungan persahabatan Jepang-Indonesia saat menjawab Wakil Presiden Indonesia.

Selama mengabdi pada pemerintahan maupun ketika di luar pemerintahan, Jusuf Kalla memang dikenal memiliki hubungan yang hangat dan kedekatan dengan pihak Jepang.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kaisar Jepang Naruhito, yang naik tahta tahun 2019 lalu menggantikan ayahnya Kaisar Akihito.

Prosesi penganugerahan berlangsung pagi ini di Istana Kaisar Jepang atau Imperial Palace.

M. Jusuf Kalla didampingi, Ibu Mufidah Jusuf Kalla, memasuki areal kawasan Istana Kaisar sekitar pukul 09.30 Waktu Tokyo Jepang. Informasi yang dihimpun Juru Bicara M. Jusuf Kalla, Husain Abdullah yang menyertai rombongan ke Tokyo, usai menerima penghargaan, Kaisar Naruto, akan menjamu M. Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah, di Matsu-No-Ma State room.

Saat menerima penghargaan dari pemerintah Jepang, M. Jusuf Kalla, memakai pakaian Adat Teluk Belanga.

Sebelum keberangkatan ke Istana Kaisar Jepang, M. Jusuf Kalla, tampak mengikuti persiapan sederhana dibantu putra putrinya, Imelda dan Solihin Jusuf Kalla serta Pinta SJK, menyiapkan kostum sekaligus melepas keberangkatannya dari Hotel Imperial, ke istana untuk menerima pengharagaan.

Topik Menarik