Loading...
Loading…
Studi Ungkap Minuman yang Paling Sebabkan Penumpukan Lemak di Perut

Studi Ungkap Minuman yang Paling Sebabkan Penumpukan Lemak di Perut

Nasional | republika | Rabu, 11 Mei 2022 - 04:40

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA Lemak perut alias lemak visceral adalah lemak yang tersembunyi pada organ-organ di ruang perut. Tidak hanya itu, lemak visceral juga mengeluarkan bahan kimia beracun ke dalam aliran darah yang bertanggung jawab atas peradangan tingkat rendah.

Kini, sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa bir dan minuman beralkohol kemungkinan besar memicu penambahan berat badan di sekitar area perut. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity Science and Practice bulan lalu itu dilakukan dengan menggunakan sampel tinggi badan, berat badan, dan darah.

Ini dikumpulkan dari database longitudinal skala besar yang melaporkan faktor demografi, alkohol, dan gaya hidup orang dewasa berusia 40 hingga 79 tahun di Inggris. Informasi komposisi tubuh dikumpulkan menggunakan absorptiometry sinar-X energi ganda.

Dengan menggunakan program statistik, para peneliti kemudian dapat memeriksa hubungan antara berbagai jenis alkohol dan komposisi tubuh. Tim mengidentifikasi bir dan minuman beralkohol sebagai penyebab terburuk dari lemak visceral.

Hal ini terjadi karena makanan tinggi gula cenderung mengandung lebih banyak kalori, yang otomatis disimpan sebagai lemak ekstra di dalam tubuh. Oleh sebab itu, minuman manis dengan cepat menyebabkan penambahan berat badan, yang sering kali berakhir di daerah perut.

Original Source

Topik Menarik