Gibran Pastikan Kasus Hepatitis Misterius Belum Ada di Kota Solo

Gibran Pastikan Kasus Hepatitis Misterius Belum Ada di Kota Solo

Nasional | republika | Rabu, 11 Mei 2022 - 04:39
share

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memastikan hingga saat ini belum ada kasus hepatitis misterius di Kota Solo. "Kami monitoring anak-anak belum ada kasus," katanya di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (10/5/2022).

Meski demikian, ia memastikan akan langsung bertindak cepat jika kasus tersebut ditemukn di Kota Solo. Salah satunya dengan melakukan langkah isolasi bagi pasien. "Gejala kalau sudah ada ya diamankan di isolasi," kata Gibran.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta, Siti Wahyuningsih mengatakan, langkah antisipasi tetap dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan adanya gejala hepatitis misterius tersebut. Dia mengatakan, beberapa langkah pencegahan yang dilakukan dengan tetap disiplin menerapkan pola hidup sehat dan protokol kesehatan.

"Sebenarnya langkah pencegahan hampir sama dengan Covid-19, harus memakai masker dan jaga jarak. Selain itu juga harus sering cuci tangan dengan sabun," kata Siti. Dia menjelaskan, penularan hepatitis akut tersebut dapat terjadi melalui makanan.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk menggunakan alat makan sendiri. "Penularan bisa lewat sendok atau gelas. Jadi agar lebih aman sebaiknya memakai alat makan sendiri. Apalagi suasana Lebaran seperti ini banyak yang makan di warung makan," ujar Siti.

Topik Menarik