Tim Labfor Polda Periksa Material Water Slide dari Kenpark Surabaya

Tim Labfor Polda Periksa Material Water Slide dari Kenpark Surabaya

Nasional | jawapos | Selasa, 10 Mei 2022 - 19:34
share

JawaPos.com- Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) ambrolnya water slide di Waterpark Kenjeran Park (Kenpark) kemarin (9/5). Aktivitas tersebut berlangsung tiga jam, mulai pukul 11.00 hingga 14.00.

Kabid Labfor Polda Jatim Kombespol Sodiq Pratomo menjelaskan, dalam penyelidikan tersebut pihaknya melibatkan dua tim yang berjumlah delapan orang. Tim itu dibagi untuk memeriksa bahan-bahan metalurgi serta hal teknis. Hasil itu nanti jadi bahan pemeriksaan di laboratorium, kata Sodiq seusai menggelar apel tim forensik kemarin (9/5).

Dari pantauan Jawa Pos, lokasi wahana waterpark steril dan garis polisi terpasang hingga bagian depan akses masuk. Hampir tiga jam olah TKP berlangsung. Tim labfor membawa beberapa bahan material yang bakal diperiksa di laboratorium. Termasuk water slide berbahan dasar fiberglass, beberapa potongan besi, serta empat mur dan baut. Kurang lebih, pemeriksaan sepekan ke depan. Bahan-bahan ini akan diperiksa di lab, ungkap Sodiq seusai olah TKP.

Dia menjelaskan, bahan material tersebut nanti diperiksa untuk melengkapi penyelidikan kasus ambrolnya water slide Sabtu (7/5) lalu.

Dari hasil pemeriksaan laboratorium itu, nanti bisa diketahui penyebab ambrolnya water slide. Apakah karena kelelahan bahan atau disebabkan hal lain. Meski begitu, pihaknya enggan berspekulasi lebih jauh dan lebih mengedepankan hasil pemeriksaan laboratorium.

Disinggung soal bahan fiberglass yang tak tahan oleh cuaca panas berkelanjutan, Sodiq membenarkan bahwa setiap bahan apa pun memiliki masa usia. Iya benar ada masanya. Tapi, apakah hanya itu atau ada sebab lain. Itu yang kami periksa nanti. Makanya, besi penyangga juga kami bawa, terangnya.

Selama olah TKP tersebut, Sodiq mengaku tak menemui kendala meski lokasi setinggi 8 meter. Pemeriksaan didukung dengan sarana lengkap. Pihaknya sudah memeriksa dua sisi patahan. Ya tepat lokasi kejadian itu juga kami periksa. Termasuk sekitarnya, tegasnya.

Saat insiden water slide Waterpark Kenpark ambrol Sabtu (7/5), tercatat 18 orang terluka. Mayoritas korban sudah menjalani perawatan di dua rumah sakit, RSUD dr Soetomo dan RSUD dr Soewandi. Dua korban lain sudah pulang karena hanya mengalami luka ringan.

Kasatreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Arief Ryzki Wicaksana mengatakan, hingga kini pihaknya terus mendalami penyebab ambrolnya water slide. Menurut dia, sudah ada lima saksi yang diperiksa.

Iya pengelola juga. Termasuk korban yang sudah membaik ya, kata Arief saat ditemui di sela-sela olah TKP kemarin. Meski begitu, pihaknya enggan menyampaikan detail hasil pemeriksaan saksi tersebut.

Topik Menarik