Jusuf Kalla Terima Bintang Tanda Jasa Tertinggi dari Jepang: Saya Merasa Bersyukur

Jusuf Kalla Terima Bintang Tanda Jasa Tertinggi dari Jepang: Saya Merasa Bersyukur

Nasional | inewsid | Selasa, 10 Mei 2022 - 14:08
share

JAKARTA, iNews.id - Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menerima penghargaan bintang tanda jasa tertinggi dari pemerintah Jepang, yaitu Grand Cordon of the Order of the Rising Sun. Ia pun merasa bersyukur atas penghargaan tersebut.

Pria yang akrab disapa JK ini mengisahkan, penghargaan diberikan langsung oleh Kaisar Jepang Naruhito kepada dirinya. Karena dirinya telah dianggap berkontribusi bagi peningkatan hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Tentu saya merasa bersyukur, pagi tadi oleh Kaisar diberikan penghargaan kepada saya Grand Cordon ya, tutur JK secara virtual usai mendapatkan penghargaan langsung di Tokyo, Jepang, Selasa (10/5/2022).

Lebih lanjut, JK menjelaskan pemberian penghargaan ini semakin menunjukkan hubungan baik kedua negara Indonesia dengan Jepang yang telah lama telah terjalin.

(Penghargaan) yang menunjukkan hubungan Indonesia dengan Jepang itu sangat baik sekali dan juga sumbangan-sumbangan baik apa yang dilakukan dalam pemerintahan juga sebelum pemerintahan, saya sudah mempunyai hubungan baik dengan Jepang. Khususnya dalam pemerintahan tentu kita menjaga karena Jepang ini kita mempunyai hubungan yang lama, katanya.

Apalagi, lanjut JK, Indonesia sebagai negara berkembang membutuhkan partner ekonomi maupun investor, seperti Jepang. Dia pun mengatakan bahwa Jepang merupakan investor terbaik di Indonesia.

Kemudian sebagai negara yang juga industrinya sangat maju dan kita Indonesia mempunyai ekonomi yang sedang berkembang, tentu saja membutuhkan suatu partner dagang yang baik, juga tentu juga kita ingin adanya investasi di Indonesia. Dan, Jepang merupakan salah satu investor yang terbaik di Indonesia, dewasa ini, ucap JK.

Oleh karena itu, JK mengatakan dengan menerima penghargaan ini, maka hubungan baik antara Indonesia dan Jepang akan tetap terjaga. Sebab, pada dasarnya penghargaan diberikan sebagai tanda hubungan yang baik dengan Indonesia.

Apapun situasinya tetap menjaga hubungan baik tersebut. Mungkin, salah satu alasan sehingga saya mendapatkan penghargaan hari ini dan itu merupakan bukan hanya kepada saya sendiri tapi penghargaan kepada Indonesia sebagai negara yang mempunyai hubungan baik dengan Jepang selama ini baik dalam bidang ekonomi, politik, dan sosial, semuanya, ujarnya.

Topik Menarik