Tujuh Terminal DKI Telah Lewati Puncak

Tujuh Terminal DKI Telah Lewati Puncak

Nasional | koran-jakarta.com | Selasa, 10 Mei 2022 - 09:01
share

JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat kedatangan tertinggi di tujuh terminal Jakarta telah melewati puncaknya. Tujuh itu adalah Pulogebang, Kampung Rambutan, Kalideres, Tanjung Priok, Lebak Bulus, Grogol. dan Muara Angke. Puncaknyaterjadi pada hari Minggu (8/5). Total jumlah penumpang 22.448. Informasi ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, di Jakarta, Senin (9/5).

"Pada tanggal 8 Mei atau H+5 Idul Fitri, tercatat telah tiba 22.448 penumpang menggunakan 1.485 bus. Sedangkan yang berangkat 466 bus mengangkut 2.451 penumpang," katanya.

Secara total, Syafrin menjelaskan jumlah penumpang yang tiba di tujuh terminal Jakarta sejak H+1 (4 Mei) sampai dengan H+5, ada 62.549 penumpang. Mereka diangkut 5.347 bus.

Sedangkan yang berangkat 15.430 penumpang menggunakan 2.480 bus.

Adapun kondisi tiba dan berangkat pada periode H+1 sampai H+4 di tujuh terminal, memiliki rincian berikut. P tanggal 4 Mei (H+1) telah tiba 711 bus dengan 5.070 penumpang. Lalu diberangkatkan 482 bus dengan 3.998 penumpang.

Dalam arus balik Lebaran, Dishub DKI memastikan ketersediaan angkutan lanjutan malam hari dan angkutan dini hari untuk penumpang yang tiba di setiap terminal. Selain itu, Transjakarta juga menyediakan angkutan gratis dari Terminal Pulogebang menuju enam terminal lainnya di DKI Jakarta.

Sebanyak 11 bus Transjakarta tipe low entry akan beroperasi pukul 22.00-06.00 WIB. Adapun, layanan gratis dari Transjakarta tersebut akan melayani keberangkatan dari Terminal Pulogebang menuju Terminal Senen, Tanjung Priok, Kampung Rambutan, Pasar Minggu, Kalideres, dan Pulogadung.

Sementara itu, Otoritas Terminal PuloGebangmenyebutkan, pergerakan arus balik hari Senin (9/5) atau H+6 mulai melandai. "Memang masih ramai, tapi terhitung sudah melandai," kata Kasatpel Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulo Gebang (TTPG), Hendra Kurniawan.

Dia mencatat sebanyak 2.171 penumpang arus balik tiba di TTPG dengan bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) sebanyak 249 armada Senin dini hari hingga pukul 14.00 WIB.
Menurut Hendra, sejauh ini puncak arus balik atau lonjakan jumlah penumpang di Pulo Gebang terjadi pada hari Minggu (8/5) atau H+5 dengan total 7.790 penumpang dengan 456 bus.

Namun, dia mengingatkan bahwa data Minggu tersebut merupakan penggabungan dari jumlah penumpang yang mengikuti program mudik gratis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan. "Pemudik ada yang datang tanggal 8 Mei. Ada yang tanggal 9 Mei," katanya.

Hendra menyebutkan pemudik yang tiba di TPPG didominasi dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jawa Tengah kebanyakan dari Pekalongan, Purwokerto, Tegal, dan Wonosobo.

Topik Menarik