Puncak Arus Balik di Bandara Ngurah Rai, Sebegini Pergi dari Bali

Puncak Arus Balik di Bandara Ngurah Rai, Sebegini Pergi dari Bali

Nasional | genpi.co | Selasa, 10 Mei 2022 - 02:00
share

GenPI.co Bali - Jumlah orang yang pergi berkaitan dengan puncak arus balik yang tinggalkan Bali via Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai terbilang besar pada Minggu (08/05/22).

Tidak tanggung-tanggung jumlah orang yang angkat kaki dari Pulau Dewata melalui jalur udara pada hari Minggu diprediksi mencapai jumlah 20 ribu lebih.

"Jelang akhir libur Lebaran, lonjakan penumpang yang tiba atau meninggalkan Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai terus meningkat," kata Stakeholder Relation Manager PT AP 1 Bandara Ngurah Rai Taufan Yudhistira, Minggu (08/05/22).

Taufan Yudistira mengatakan suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, dipadati sejumlah wisatawan sejak Sabtu (07/05/22), namun puncak arus balik diprediksi terjadi pada Minggu (08/05/22).

"Meski Sabtu sudah terjadi penumpukan penumpang di Bandara Bali, namun puncak arus balik diprediksi terjadi pada Minggu (08/05/22) dengan prediksi penumpang lebih dari 20 ribu yang meninggalkan Bali," ujar Taufan.

Pada Jumat (06/05/22) saja tercatat penumpang yang meninggalkan Bali melalui Bandara Ngurah Rai mencapai 19.239 orang, sedangkan penumpang yang tiba tercatat 11.758 orang.

"Untuk mengurai penumpukan penumpang di Bandara Ngurah Rai, para penumpang yang hendak pulang ke daerah masing-masing diimbau untuk lebih awal memesan tiket online, dokumen, dan aplikasi peduli lindungi," katanya.

Ia menambahkan hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerumunan, sedangkan pihak bandara tetap menempelkan stiker jaga jarak di beberapa tempat duduk.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali mulai menyiagakan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022 selama 16 hari hingga 10 Mei mendatang.

"Posko ini merupakan salah satu upaya kami dalam menciptakan keamanan dan keselamatan para pengguna jasa hingga kelancaran operasional di Bandara Bali," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bali Herry A.Y. Sikado.

Dalam operasionalnya, Posko Terpadu Angkutan Udara atau dijaga oleh petugas Angkasa Pura bersinergi bersama pemangku kepentingan yakni dari Otoritas Bandara Wilayah IV, TNI, Polri, dan lain sebagainya.

Herry Sikado menjelaskan, pihaknya juga menyiagakan personil yang akan memonitor kesiapan fasilitas dan layanan pada jam-jam yang trafiknya padat di Bandara Bali utamanya alur penumpang baik yang akan berangkat maupun datang.

"Hal yang perlu kami antisipasi saat momentum ini adalah adanya libur lebaran sekaligus pasca dibukanya aktivitas penerbangan internasional di Bandara Bali yang sudah mulai menunjukkan pertumbuhan positif," katanya.

Terlepas dari fakta banyaknya orang yang pergi via Bandara Ngurh Rai saat punck arus balik, ini membuktikan bahwasannya Bali mulai bangkit lagi sebagai destinasi wisata favorit wisatawan atau pelancong. (Ant)

Kalian wajib tonton video yang satu ini:

Topik Menarik