Tokoh Nasional Tjahjo, Sandiaga hingga Cak Imin Melayat ke Rumah Duka Lily Wahid

Tokoh Nasional Tjahjo, Sandiaga hingga Cak Imin Melayat ke Rumah Duka Lily Wahid

Nasional | sindonews | Selasa, 10 Mei 2022 - 00:18
share

JAKARTA - Sejumlah tokoh nasional melayat ke rumah duka almarhumah Lily Khodijah Wahid binti KH Abdul Wahid Hasyim di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Kabupaten Bogor, Senin (9/5/2022) malam. Tampak pelayat bergantian membacakan doa di hadapan jenazah adik mantan Presiden keempat RI, Kiai Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Berdasarkan pantauan MNC Portal mulai pukul 21.37 WIB, tokoh-tokoh yang hadir merupakan pejabat setingkat menteri dan tokoh partai politik. Salah satunya yakni Menpan RB Tjahjo Kumolo. Tjahjo mengulas pengalamannya bersama almarhumah Lily yang menjadi sahabatnya hingga sekarang. Tjahjo merasa bersyukur karena melalui Lily, dirinya dapat kenal dengan almarhum Gus Dur.

"Sahabat saya beliau pertama kali mendekatkan saya dan mengenalkan saya terhadap almarhum Gus Dur waktu saya masih jadi ketua KNPI dulu," kata Tjahjo seusai bertakziah, Senin (9/5/2022).

Kemudian terlihat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno. Sandi menyampaikan kenangannya bersama almarhumah saat dirinya maju sebagai cawapres pasangan Prabowo pada Pemilu 2019.

"Terakhir saya makan sama beliau dan beliau menitipkan pesan waktu 2019 (saat) saya lagi mengikuti kontestasi demokrasi. Beliau mendorong isu-isu yang berkaitan dengan integritas terbuka dan harus betul-betul menjaga amanah," kata Sandi.

Selain itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang datang bersama rombongan untuk melayat. Cak Imin menyampaikan kekagumannya dengan sosok almarhum yang begitu teguh memegang prinsip dalam hidupnya.

"Sosok perempuan yang tangguh, tidak pernah lelah, punya prinsip kadang sama saya satu barisan, kadang beda barisan kadang kadang seiring sejalan kadang keras dengan saya, itu biasa di keluarga saya. Pegang prinsip soal strategi macam-macam berbeda itu biasa, yang penting semua strategi dalam satu prinsip yakni untuk umat, untuk NU dan untuk NKRI," kata Cak Imin.

Terakhir, putri Gus Dur, Yenny Wahid mengungkapkan sosok almarhumah Lily sebagai panutannya dalam daya juang serta semangatnya. Yenny mengaku takjub dengan kepekaan sosial Lily.

"Bu Lily adalah orang yang idealis, beliau punya semangat juang yang sangat tinggi, punya perhatian terhadap masalah-masalah di masyarakat yang kepekaan sosialnya sangat tinggi. Beliau kalau melihat sesuatu yang dianggap tidak adil, maka beliau akan berjuang dengan sepenuh tenaga. Orangnya memang luar biasa semangatnya," tutur Yenny mengisahkan pengalamannnya dengan almarhumah.

Sebagai informasi, Lily Wahid, adik kandung mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) meninggal dunia. Kabar meninggalnya Lily ramai beredar di jagat maya, salah satunya diinformasikan akun @santriciganjur.

"Telah berpulang ke Rahmatullah *Ibu Nyai Hj Lily Khodijah Wahid binti KH A Wahid Hasyim* pada hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 16:28 di RSCM Jakarta. Jenazah akan disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor," tulis akun tersebut.

Lily Wahid sebelumnya dirawat di Pusat Jantung Terpadu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Lily Wahid dirawat karena mengalami gangguan jantung. Menurut keponakannya, Alissa Wahid, Lily pada akhir April 2022 lalu telah menjalani proses pemasangan stent atau ring di jantungnya di Jakarta Heart Center, Matraman, Jakarta dan sempat mengalami komplikasi sepsis.

Topik Menarik