Loading...
Loading…
Menhub Minta Maaf Jika Pelayanan Mudik Belum Maksimal

Menhub Minta Maaf Jika Pelayanan Mudik Belum Maksimal

Nasional | koran-jakarta.com | Selasa, 10 Mei 2022 - 00:07

JAKARTA - Kegiatan arus mudik dan balik Lebaran tahun 2022 yang dimulai pada 25 April 2022 (H-7) sampai dengan Senin (9/5) atau (H+5) telah dilalui. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkomitmen penuh untuk menjalankan amanah Presiden Joko Widodo agar pelaksanaan mudik tahun ini berjalan dengan aman dan sehat, serta memberikan kebahagiaan dan kegembiraan bagi masyarakat.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan mudik tahun ini berbeda dengan mudik sebelumnya, dimana masyarakat sudah dua tahun tidak mudik karena pandemi. Hal itu ditunjukkan dengan hasil survei yang mengekspresikan animo masyarakat yang tinggi yaitu sebanyak 85,5 juta masyarakat yang ingin mudik. Hal itu merupakan kabar gembira sekaligus tantangan bagi semua stakeholder untuk dapat melayani dengan baik.

"Mudik tahun ini menghasilkan satu pergerakan yang sangat banyak, yang berakibat pelayanan yang diberikan belum maksimal. Oleh karenanya kami sampaikan permohonan maaf belum bisa memenuhi harapan semua pihak. Kami akan lakukan evaluasi agar kegiatan mudik dan juga kegiatan dimana akan ada pergerakan yang masif di masa yang akan datang, dapat diantisipasi dengan lebih baik," kata Budi di Jakarta, Senin (9/5).

Baca Juga :
Pelayanan Mudik Belum Maksimal, Menhub Minta Maaf

Sebelumnya, saat dirinya melakukan inspeksi ke Terminal 2 untuk melihat puncak arus balik di Bandara Soekarno-Hatta, Budi mengatakan bahwa pada puncak arus balik mudik lebaran, situasi Bandara Soekarno-Hatta sangat kondusif di tengah lalu lintas penerbangan yang tinggi. Di mana, pergerakan Minggu (8/5) kemarin adalah pergerakan tertinggi sejak masa pandemic (penumpang datang dan pergi) sekitar 150.000 orang dan dari catatan, ada 1.130 pergerakan pesawat.

Dan President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan pada puncak arus balik hari ini jumlah pergerakan penumpang terbanyak ada di Terminal 2. Adapun pergerakan penumpang tertinggi di Bandara Soekarno-Hatta sejak pandemi, sekitar 150.000 orang melakukan penerbangan keberangkatan dan kedatangan. Dari jumlah tersebut, paling tinggi ada di Terminal 2 sebanyak 70.000 orang, kemudian Terminal 3 sebanyak 50.000 orang dan Terminal 1 sebanyak 30.000 orang.

"Pada puncak arus balik 7-8 Mei, seluruh stakeholder melakukan koordinasi super ketat untuk memastikan kelancaran angkutan lebaran. AP II berterima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholder dan penumpang pesawat yang telah turut menyukseskan penyelenggaraan angkutan lebaran di Bandara Soekarno-Hatta dan seluruh bandara AP II," katanya.

Baca Juga :
Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022 Berakhir, Menhub Budi Minta Maaf Soal Ini!

Sedangkan terkait arus balik Lebaran melalui penyebrangan, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi mengatakan data Posko 24 Jam H+5 (8 Mei 2022 pukul 08.00 WIB hingga 9 Mei 2022 pukul 08.00 WIB), mencatat sejumlah 122.662 orang telah menyeberang dari Bakauheni menuju Merak diikuti oleh sepeda motor sebanyak 12.298 unit, kendaraan kecil sebanyak 13.814 unit, bus sebanyak 741 unit, dan truk sebanyak 1.875 unit, dengan total produksi Kendaraan seluruh kendaraan pada H+5 sebanyak 28.728 unit.

Original Source

Topik Menarik