Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Masih Ramai

Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Masih Ramai

Nasional | jawapos | Senin, 9 Mei 2022 - 18:19
share

JawaPos.com Arus balik Hari Raya Idul Fitri 2022 di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur masih terlihat. Pada Senin (9/5) sampai menjelang sore hari, jumlah kedatangan pemudik terlihat masih cukup ramai.

Armada bus silih bergantian memasuki area terminal. Rata-rata para penumpang berasal dari kota atau kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Bus yang datang rata-rata bermuatan hampir penuh.

Komandan Regu Terminal Kampung Rambutan Mulyono juga mengkonfirmasi demikian. Menurutnya, penumpang di Terminal Kampung Rambutan masih di atas pada hari biasanya.

Untuk arus balik menurut pantauan kami masih ramai dibandingkan hari-hari biasa, kata Mulyono kepada JawaPos.com.

Menurut data Terminal Kampung Rambutan sampai dengan pukul 14.00 WIB, bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang datang sebanyak 174 unit. Adapu jumlah penumpangnya mencapai 2.671 orang.

Menurut Mulyono, jumlah kedatangan tertinggi arus balik terjadi pada Minggu (8/5) dengan jumlah penumpang 9.037 orang. Namun, petugas belum mau tegesa-gesa menyimpulkan jika kemarin adalah puncak arus balik.

Saya belum bisa memprediksi apakah itu puncak arus balik atau bukan. Karena masih ada kebijakan dari Kapolri dan Menpan RB soal WFH, jelasnya.

Sementara itu, Sutina, 42, pemudik asal Purwokerto mengaku baru kembali ke Jakarta pada hari ini untuk menghindari macet. Sebab, puncak arus balik diprediksi terjadi pada akhir pekan kemarin.

Di berita kan katanya Sabtu, Minggu puncaknya, daripada macet-macet parah mending nunggu kosongan dulu (jalannya), kata Sutina.

Hal serupa juga dikatakan oleh Muhajir, 38, pemudik asal Sokaraja, Jawa Tengah. Dia memang sudah merencanakan untuk pulang ke Jakarta setelah puncak arus balik.

Kalau nggak gitu nanti kejebak di jalan. Untungnya kan kalau jadi pedagang bisa mulai ngider laginya kapan saja, nggak mesti ngikut jadwal orang, ucapnya.

Muhajir menceritakan, perjalanan balik ke Jakarta hari ini terbilang lancar. Meskipun sempat terjadi kepadatan kendaraan dibeberapa titik, tapi masih dalam tahap wajar.

Lancar sih jatuhnya. Tadi paling di jalan 5-6 jam sudah sampai Jakarta. Kalau normal sih bisa lebih cepat, tapi karena lebaran begini ya ngaret sedikit wajar, tutupnya.

Topik Menarik