Hepatitis Akut, Menkes Budi: Di Indonesia Ada 15 Kasus Suspek

Hepatitis Akut, Menkes Budi: Di Indonesia Ada 15 Kasus Suspek

Nasional | beritabaru.co | Senin, 9 Mei 2022 - 11:07
share

Berita Baru, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan suspek hepatitis akut di Indonesia hingga saat ini berjumlah 15 kasus yang sedang dilakukan proses investigasi.

Sampai sekarang di Indonesia ada 15 kasus (suspek). Di dunia paling besar di Inggris 115 kasus, Italia, Spanyol dan Amerika Serikat, kata Menkes Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers Menteri Kabinet Indonesia Maju secara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin (9/5).

Menurut Budi, tiga suspek hepatitis akut di Indonesia di laporkan empat hari usai pengumuman Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) pada 23 April 2022.

Pada 27 April 2022, lanjut Budi, Indonesia menindaklanjuti pernyataan KLB tersebut dengan membuat surat edaran agar semua rumah sakit dan dinas kesehatan di setiap daerah melakukan surveilans kasus tersebut.

30 April Singapura umumkan kasus yang pertama dan sampai sekarang di Indonesia ada 15 kasus, terang Menkes Budi.

Menkes Budi juga menyampaikan, baru-baru ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control/CDC) Amerika Serikat dan Inggris terkait situasi itu.

Disimpulkan, belum bisa dipastikan virus apa yang 100 persen sebabkan hepatitis akut pada anak di bawah usia 16 tahun.

Sekarang penelitian sedang dilakukan bersama oleh Indonesia dan WHO serta Amerika dan Inggris untuk deteksi cepat, terangnya.

Budi mengatakan kemungkinan virus yang diduga berkaitan dengan hepatitis akut adalah Adenovirus strain 41. Tapi ada juga banyak kasus yang tidak ada kasus Adenovirus strain 41 ini, sambungnya.

Budi pun menegaskan, yang perlu diperhatikan masyarakat, hepatitis akut menginfeksi tubuh manusia via asupan makan melalui mulut sehingga perlu rajin mencuci tangan.

Cirinya kalau buang air besar dan mulai ada demam cek SGOP dan SGOT (gangguan fungsi hati). Kalau di atas 100, lebih baik dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Karena normalnya di level 30an, pungkasnya.

Topik Menarik