Alasan Herry IP Pasangkan Kevin Sanjaya dengan Bagas Maulana

Alasan Herry IP Pasangkan Kevin Sanjaya dengan Bagas Maulana

Nasional | jawapos | Senin, 9 Mei 2022 - 17:36
share

JawaPos.com- Ada yang berbeda saat tim Indonesia bertarung pada laga kedua Grup A Thomas Cup 2022 melawan tuan rumah Thailand nanti malam (9/5). Susunan formasi di sektor ganda putra berbeda total dibanding laga perdana menghadapi Singapura.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menjadi ganda pertama melawan Singapura diistirahatkan. Pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi memutuskan menurunkan ganda senior Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Sementara itu untuk ganda kedua, Herry IP melakukan pemilihan yang sangat mengejutkan. Kevin Sanjaya Sukamuljo akan dipasangkan dengan Bagas Maulana. Partner Kevin, Marcus Fernaldi Gideon tidak berangkat ke Thomas Cup 2022. Di sisi lain, Herry IP mengistirahatkan pasangan asli Bagas yakni Muhammad Shohibul Fikri.

Kevin/Bagas juga sering latihan bareng. Kevin bermain depan sebagai playmaker perlu didukung pemain bertipe killer atau tukang gebuk dari garis belakang dan itu dimiliki Bagas, ucap Herry IP seperti dikutip dari siaran pers PP PBSI.

Herry IP membawa tujuh pemain ke Thailand. Dan sejak dari Jakarta, dirinya sudah melakukan simulasi untuk menyusun komposisi dan formasi sektor ganda. Siapa bakal diduetkan dengan siapa, semua sudah ada gambarannya.

Dengan mengacak, kekuatan kita jadi tidak mudah dibaca lawan. Selain itu, kita juga bisa memilki komposisi dan formasi pasangan yang banyak. Ini juga agar lawan makin bingung setiap bertemu kita, ucap Herry IP.

Herry IP menambahkan, melawan Thailand, perubahan komposisi ini semata-mata demi strategi. Terutama dengan kondisi embusan angin di Impact Arena, Bangkok.

Saat latihan dan tanding di Impact Arena, kondisi embusan anginnya berbeda. Kemarin saat latihan, penyejuk ruangan belum diaktifkan penuh. Jadi pemain perlu dan harus bisa beradaptasi dengan embusan angin saat bertanding. Makanya, semua pemain perlu turun bertanding, ujar Herry IP.

Karena itu, tujuh pemain yang saya bawa harus saya mainkan semuanya. Agar mereka bisa cepat beradaptasi dan merasakan bagaimana atmosfer arena pertandingan dengan baik, tambah pelatih berjuluk Coach Naga Api tersebut.

Topik Menarik