Jokowi Bakal ke AS Pekan ini, Temui Elon Musk dan Longok Proyek SpaceX

Jokowi Bakal ke AS Pekan ini, Temui Elon Musk dan Longok Proyek SpaceX

Nasional | law-justice.co | Senin, 9 Mei 2022 - 16:40
share

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal bertemu dengan Elon Musk, bos perusahaan kendaraan listrik asal Amerika Serikat.

Pertemuan itu rencananya akan dilakukan saat Jokowi bertandang ke Negeri Paman Sam.

"Oh, ya, ketemu, kita lagi atur ketemunya mau di mana," kata Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/5/2022).

Jokowi sendiri bakal menghadiri acara KTT Khusus Asean-AS yang dilaksanakan di Washington DC pada 12 hingga 13 Mei 2022. Menurut keterangan dari Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Kepala Negara akan berangkat pada 10 Mei 2022.

"Berangkat 10 (Mei) dan kembali 14 (Mei)," ucap Heru kepada wartawan.

Jokowi Bakal Tinjau SpaceX

Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut bakal melakukan kunjungan kerja ke SpaceX pada 14 Mei 2022.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pendiri SpaceX, Elon Musk bakal atur jadwalnya supaya bisa mendampingi Jokowi secara langsung.

SpaceX atau Space Exploration Technologies Corporation adalah perusahaan yang bergelut di bidang luar angkasa. Luhut menyebut Jokowi akan mengunjungi tempat yang didirikan Elon Musk pada 6 Mei 2002 tersebut.

"Nanti pada tanggal 14 Mei saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat, Elon berjanji akan mengubah schedule-nya demi menemui langsung Presiden Jokowi yang juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX," kata Luhut melalui akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan pada Selasa (26/4/2022).

Hal tersebut diungkapkan Luhut seusai melakukan pertemuan dengan Elon Musk di Giga Factory Tesla di Austin, Texas. Pertemuan tersebut terjadi untuk membahas kerja sama antara Indonesia dengan Tesla terkait penyediaan dan pemprosesan Nikel sebagai bahan baku membuat Battery Cell.

Tidak hanya itu, Luhut juga mengungkapkan kalau dirinya mengundang Elon Musk untuk bisa datang ke dalam forum B20, salah satu agenda dari perhelatan G20 yang bakal dilaksanakan di Bali pada November 2022.

"Saya juga mengundang Elon untuk datang ke Indonesia dalam forum B20, yaitu salah satu rangkaian dari perhelatan G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan November nanti," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Luhut berharap pertemuan dengan Elon Musk bisa terus berlanjut untuk kepentingan industri nikel di Indonesia.

"Saya berharap ini bukanlah pertemuan kami yang terakhir dan ke depan akan ada pembahasan terkait progres perkembangan industri nikel di Indonesia yang berteknologi tinggi bisa membawa negara kita masuk kepada rantai pasok global industri kendaraan listrik."

Topik Menarik