ISIS Mengklaim Serangan yang Menewaskan 11 Tentara Mesir di Sinai

ISIS Mengklaim Serangan yang Menewaskan 11 Tentara Mesir di Sinai

Nasional | riau24.com | Senin, 9 Mei 2022 - 15:31
share

RIAU24.COM- Kelompok ISIL (ISIS) telah mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan 11 tentara Mesir di Semenanjung Sinai pada hari Sabtu. Setidaknya lima tentara lainnya terluka dalam serangan hari Sabtu, menurut militer Mesir.

Itu adalah korban jiwa terberat yang diderita tentara Mesir selama bertahun-tahun dalam kampanye jangka panjangnya di dan sekitar Sinai melawan para pejuang yang setia kepada kelompok bersenjata tersebut.

Pejuang [ISIL] membunuh tentara Mesir, menyita senjata mereka dan membakar posisi mereka di Sinai Barat, kata kelompok itu di situs internet propaganda Amaq pada hari Minggu.

zxc1

Serangan itu terjadi di kota Qantara di provinsi Ismailia, yang membentang ke arah timur dari Terusan Suez.

Pejuang menyerang pasukan di pos pemeriksaan yang menjaga fasilitas pompa, dan kemudian melarikan diri dari lokasi. Militer mengatakan pasukan sedang mengejar para penyerang di daerah terpencil di utara Semenanjung Sinai.

zxc2Semenanjung Sinai telah dicengkeram selama lebih dari satu dekade oleh kekerasan bersenjata , yang memuncak setelah penggulingan mendiang Presiden Mohammed Morsi dalam kudeta pada 2013. Lebih dari 1.000 tersangka pejuang dan puluhan personel keamanan telah tewas sejak dimulainya operasi, menurut angka resmi.

Laju serangan di teater operasi utama Sinai dan di tempat lain telah melambat sejak Februari 2018, ketika militer melancarkan operasi ekstensif di Sinai serta bagian dari Delta Nil dan gurun di sepanjang perbatasan barat negara itu dengan Libya.

Operasi teroris ini tidak akan mengalahkan tekad negara dan tentara untuk terus menumpas terorisme, janji Presiden Abdel Fattah el-Sisi di Facebook setelah serangan itu.

Washington mengutuk "serangan teroris di Sinai yang menargetkan anggota militer Mesir" dan menyatakan belasungkawa kepada keluarga korban. Prancis, Uni Afrika, dan Sudan juga mengecam serangan itu.

Topik Menarik