Insiden Hilangnya Pendaki di Kawah Ijen, Ditemukan di Lubang 8 Meter

Insiden Hilangnya Pendaki di Kawah Ijen, Ditemukan di Lubang 8 Meter

Nasional | jawapos | Senin, 9 Mei 2022 - 14:06
share

JawaPos.com Seorang pengunjung Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Gafila Dabi Ardiani, 19, sempat menghilang selama 24 jam pada Sabtu (7/5) lalu.

Minggu (8/5) pemuda asal Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, itu akhirnya berhasil ditemukan oleh tim Basarnas yang bergerak sejak Sabtu (7/5) malam.

Alhamdulillah, korban hilang sudah ditemukan dalam kondisi selamat dan sudah diserahkan kepada keluarganya, ujar Koordinator Basarnas Banyuwangi Wahyu Setyabudi.

Ditemukannya Dabi berawal dari penemuan sepasang sepatu dan handphone milik pemuda tersebut. Dari situ, tim gabungan memulai pencarian di medan yang begitu berat. Akhirnya, dia ditemukan berada di dalam lubang sedalam 8 meter.

Saat ditemukan, kondisinya cukup memprihatinkan. Pakaiannya berantakan serta sepatu dan barang bawaannya hilang. Tidak hanya itu, tubuh Dabi juga lemas akibat cukup lama menahan lapar.

Dia menjelaskan, hilangnya pendaki itu baru diketahui Sabtu sekitar pukul 20.30. Sebelumnya, Dabi bersama 14 rekannya naik Kawah Ijen pada pukul 02.00 selama dua jam.

Setelah menikmati kawah dan berfoto bersama, rombongan lantas turun. Namun, di tengah perjalanan, Dabi mengeluh sakit perut dan mencari tempat di sekitar kawah. Sementara itu, rekan-rekannya yang tidak tahu terus melanjutkan perjalanan turun, termasuk Febri, rekan Dabi yang sempat mendampinginya.

Hilangnya pemuda tersebut baru diketahui setelah Febri ditelepon orang tua Dabi yang menanyakan keberadaan anaknya.

Topik Menarik