AHY Bertemu Airlangga Kemungkinan Duet di Pilpres 2024, Pengamat: Peluang untuk Menang Berat

AHY Bertemu Airlangga Kemungkinan Duet di Pilpres 2024, Pengamat: Peluang untuk Menang Berat

Nasional | wartaekonomi | Senin, 9 Mei 2022 - 09:40
share

Pertemuan antara Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto mendapat respons dari banyak pihak, salah satunya pengamat komunikasi dan politik Jamiluddin Ritonga.

"Kemungkinan mereka membicarakan peluang koalisi," ujar Jamiluddin kepada GenPI.co, Minggu (8/5/2022).

Jamiluddin mengatakan, jika berbicara soal koalisi, kemungkinan masih sebatas penjajagan saja. Sebab, kata Jamiluddin, situasi politik saat ini sifatnya masih sangat cair.

"Dilihat dari perolehan suara, dua partai itu sudah cukup untuk mengusung pasangan capres," jelasnya.

Jamiluddin menambahkan, mereka tidak perlu repot-repot mencari partai lain untuk berkoalisi. "Jika dua partai ini mengusung Airlangga-AHY atau sebaliknya, peluang untuk menang berat," kata Jamiluddin.

Tentu bukan tanpa alasan Jamiluddin menyatakan bahwa duet kedua ketum itu sulit menang pada Pilpres 2024. Sebab, elektabiltas keduanya cenderung statis dan rendah. Selain itu, kata Jamiluddin, keduanya sama-sama berasal dari partai nasionalis.

"Ini akan memberatkan pasangan tersebut untuk menang jika diusung pada Pilpres 2024," jelasnya.

Selain itu, pasangan tersebut juga dinilai tidak bisa menghilangkan polarisasi yang kental di tanah air. "Oleh karena itu, pasangan ini tak memberi prospek untuk menyatukan anak bangsa," ujar Jamiluddin.

Topik Menarik