Bertemu Sultan HB X, Prabowo Sedang Mengonsolidasi Kekuatan

Bertemu Sultan HB X, Prabowo Sedang Mengonsolidasi Kekuatan

Nasional | genpi.co | Senin, 9 Mei 2022 - 09:36
share

GenPI.co - Peneliti Utama Indonesia Political Opinion (IPO) Catur Nugroho menilai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tengah meminta dukungan kepada Sultan Hamengkubuwono X (HB X).

Hal itulah yang melatari kunjungannya ke Keraton Yogyakarta, Sabtu (7/4) lalu.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengeklaim tidak ada pembicaraan politik terkait kunjungannya bertemu Sultan HB X.

Menurut Catur, kunjungan itu bisa diartikan dalam rangka mengonsolidasikan kekuatan pendukung Prabowo di Yogyakarta.

"Dalam konsep sejarah kekuasaan Jawa, seorang pemimpin harus mampu mengumpulkan kekuatan-kekuatan yang bisa mendukungnya untuk berkuasa," ucap Catur kepada GenPI.co, Minggu (8/5).

Catur menjelaskan meski tidak mengakui kunjungan itu untuk pembahasan Pilpres 2024, Prabowo Subianto tetap terlihat tengah safari politik.

Sebab, sebelum berkunjung ke Sultan Yogyakarta, Ketua Umum Gerindra itu sempat sowan ke beberapa tokoh di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Jadi, hal ini terlihat dari safari politik yang dilakukan Prabowo ke beberapa tokoh yang dianggap penting di Jawa, termasuk Sultan HB X sebagai salah satu pewaris kekuasaan Mataram Islam," jelasnya.

Seperti diketahui, Prabowo Subianto mendatangi Sri Sultan Hamengkubuwono X yang didampingi istrinya, GKR Hemas di Keraton Yogyakarta pada Sabtu (7/5).

Menurut Prabowo, kunjungannya bersama beberapa purnawirawan TNI itu dalam rangka silaturahmi Lebaran.

"Pada hari libur ini, saya mengisi kegiatan dengan kunjungan-kunjungan ke beberapa sahabat lama di Yogyakarta, salah satunya dengan Bapak Sultan dan Ibu Ratu Hemas," kata Prabowo dalam keterangannya.(*)

Simak video berikut ini:

Topik Menarik