Personel Gabungan Patroli ke Permukiman

Personel Gabungan Patroli ke Permukiman

Nasional | koran-jakarta.com | Senin, 9 Mei 2022 - 08:57
share

JAKARTA - Polda Metro Jaya mengerahkan personel gabungan bersama TNI untuk menyusuri permukiman warga sampai dengan gang dan lorong. Hal ini untuk mencegah tindak kejahatan selama libur atau mudik Lebaran. "Satu pesan saya, Anda masuk ke gang-gang, kampung-kampung, lorong-lorong. Tunjukkan kepada masyarakat bahwa kita hadir. Bahwa kita ada di tengah masyarakat yang sedang merayakan hari kemenangan," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, di Jakarta, Sabtu (7/5) malam.

Fadil mengatakan, sekarang Jakarta tengah ditinggal mudik masyarakat yang merayakan Lebaran di kampung halaman. Meski begitu, masih banyak warga yang tetap tinggal di Jakarta, sehingga patroli gabungan tersebut untuk mencegah tindak kejahatan. Selain itu, juga memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

"Marilah sebagai penjaga, pelayan, dan pelindung masyarakat kita terus memberi rasa aman. Kita harus tetap melayani warga yang tidak mudik," ujarnya. Fadil menambahkan, pada bulan Ramadan tahun ini nyaris tidak ada kejadian ataupun tindak pidana yang menonjol. "Saya pun berharap patroli gabungan ini bisa menjaga tren tersebut hingga masa liburan Idul Fitri berakhir," ungkapnya.

Sebanyak 572 personel gabungan TNI-Polri bersama pemerintah daerah dari unsur Satpol PP dan Dinas Perhubungan diturunkan untuk patroli skala besar secara rutin. Patroli gabungan tersebut juga akan dilaksanakan oleh jajaran polres dan polsek wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Petugas patroli juga diinstruksikan untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat yang melaksanakan pengamanan lingkungan. Di antaranya, satpam, hansip, karang taruna, remaja masjid, atau ormas yang sukarela melaksanakan pengamanan.

Topik Menarik