Puncak Arus Balik, Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Tembus 150 Ribu Orang

Puncak Arus Balik, Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Tembus 150 Ribu Orang

Nasional | republika | Senin, 9 Mei 2022 - 07:42
share

IHRAM.CO.ID,JAKARTA Bandara Soekarno-Hatta mengalami puncak arus balik pada kemarin (8/5/2022). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penumpang yang dilayani Bandara Soekarno-Hatta pada periode tersebut mencapai jumlah tertinggi.

Pergerakan hari ini adalah pergerakan tertinggi sejak masa pandemi. Akan bergerak (penumpang datang dan pergi) sekitar 150 ribu orang. Dari catatan, ada 1.130 pergerakan pesawat, kata Budi, Ahad (8/5/2022).

Budi menjelaskan, persiapan sudah dilakukan dan dilakukan rapat koordinasi. Dia meminta pelayanan di bandara harus diberikan dengan waktu terukur sesuai ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pada puncak arus balik tersebut, jumlah pergerakan penumpang terbanyak ada di Terminal 2. Paling tinggi ada di Terminal 2 sebanyak 70 ribu orang, kemudian Terminal 3 sebanyak 50 ribu orang dan Terminal 1 sebanyak 30 ribu orang, jelas Awaluddin.

Awaluddin memastikan AP II selaku pengelola bandara melakukan koordinasi ketat dengan seluruh stakeholder. Beberapa diantaranya yakni maskapai, operator ground handling, AirNAv Indonesia, TNI dan Polri, Otoritas Bandara, Bea dan Cukai, serta Imigrasi dan Karantina.

Pada puncak arus balik 7-8 Mei, seluruh stakeholder melakukan koordinasi super ketat untuk memastikan kelancaran angkutan lebaran. AP II berterima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholder dan penumpang pesawat yang telah turut mensukseskan penyelenggaraan angkutan lebaran di Bandara Soekarno-Hatta dan seluruh bandara AP II, tutur Awaluddin.

Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes Sigit Dany Setiyono menilai koordinasi seluruh stakeholder tersebut mampu mewujudkan kelancaran angkutan lebaran di Bandara Soekarno-Hatta. Meskipun begitu lalu lintas penerbangan sangat tinggi khususnya di puncak arus balik.

Saat ini situasi Bandara Soekarno-Hatta dalam keadaan aman dan kondusif. Peningkatan jumlah penerbangan dikelola dengan baik, ujar Sigit. Rahayu Subekti

Topik Menarik