Loading...
Loading…
Andi Sudirman Tinjau Kondisi Jalan Ruas Pekkae - Takkalala

Andi Sudirman Tinjau Kondisi Jalan Ruas Pekkae - Takkalala

Nasional | bukamatanews | Senin, 09 Mei 2022 - 07:17

BARRU, BUKAMATA - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menyempatkan diri melakukan peninjauan langsung ruas jalan Pekkae - Takkalala yang saat ini sedang dalam tahap pengerjaan. Jalan ini merupakan ruas yang menghubungkan Kabupaten Barru dan Soppeng serta menuju kabupaten lainnya.

Jalan ini termasuk jalan dengan lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi, dengan kondisi rusak berat.

"Berkesempatan melewati Jalan Pekkae - Takkalala yang sedang progres untuk persiapan pengerjaan jalan," kata Andi Sudirman, Minggu sore, 8 Mei 2022.

Dialokasikan Rp 41,9 miliar dengan panjang perbaikan sekitar 7 Km. Pada tahun 2021, telah dikerjakan sepanjang 2 Km. Andi Sudirman meminta masyarakat memberikan dukungan untuk penyelesaian pengerjaan.

"Tahapan pekerjaan ini tentu dengan kesabaran masyarakat bersama kita selesaikan. Memang tidak mudah membangun dengan kondisi keuangan di tengah kondisi pandemi melakukan pemulihan. Tetapi komitmen bersama adalah hal terpenting untuk terus bergerak membangun melalui skala prioritas," ujarnya.

Harapan terkait rehabilitasi perbaikan ruas jalan-jalan provinsi disampaikan oleh Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide.

Baca Juga :
Penampakan Gubernur Andi Sudirman Bersendal Jepit Tinjau Jalan Penghubung Barru-Soppeng

"Memang kami sangat berharap bagaimana jalanan-jalanan provinsi yang ada di Soppeng bisa baik," sebutnya.

"Alhamdulillah, Pak Gubernur sudah bergerak dan membantu kita. Pekkae - Takkala juga beliau langsung tinjau. Poros Lawo (Soppeng) - Barru (Takkalasi) juga dikerjakan. Insha Allah, kalau semua perencanaan provinsi jalan, maka Soppeng akan jadi daerah tujuan," tambahnya.

Salah seorang warga yang ditemui gubernur di Jalan Poros Pekkae, Wa Tapika, menyampaikan, jalan berlubang depan rumahnya jika hujan akan muncul genangan.

"Ini habis hujan jadi begini lagi. Kalau tengah malam banyak mobil besar, di sini banyak orang jatuh, anak sekolahan kalau pagi (pakaian kena debu)," tutur Wa Tapika.

Sementara itu, Sutrisman Basir, warga Kabupaten Wajo yang dulunya sering mengakses jalur ini menyebutkan memang perlu dilakukan perbaikan jalan. Terutama untuk mendukung perekonomian warga yang berada di jalur tersebut.

"Alhamdulillah sudah ada perbaikan, supaya mobilitas ke Makassar tidak satu jalur lewat Camba saja. Dan saya harap pemerintah segera merampungkan perbaikannya agar UMKM di Bulu Dua bisa tertolong," ujar Dosen Universitas Puangrimaggalatung Sengkang ini.

Baca Juga :
Gubernur Sulsel Sebut Jalan Ruas Pekkae Soppeng Masuk Prioritas Tahun 2022

Sedangkan, Muhammad Nawir, sopir angkutan antar kabupaten juga lebih banyak mengakses ruas Camba hanya karena kondisi jalan yang lebih baik.

"Biasa diakses tapi lebih banyak lewat Camba. Kalau bisa diperbaiki lebih cepat lagi, supaya lalu lalang lewat Bulu Dua lancar perjalanan kami. Kalau lewat Camba macetnya biasa lama. Kalau lewat Pekka keluhan penumpang dan biasa ada penumpang di Bulu Dua juga tidak bisa diambil (dijemput)," tuturnya. (*)

Original Source

Topik Menarik