46 Persen Pemudik Masih di Kampung Halaman

46 Persen Pemudik Masih di Kampung Halaman

Nasional | koran-jakarta.com | Senin, 9 Mei 2022 - 00:11
share

JAKARTA - Hingga Minggu (8/5) atau H+5 sekitar 46 persen masyarakat yang belum kembali pada arus balik atau masih berada di kampung halaman. Untuk itu, pemerintah kembali mengimbau masyarakat untuk menunda perjalanan balik pada Minggu karena diprediksi pergerakan kendaraan akan sangat padat.

"Silahkan kembali setelah hari ini. Masyarakat bisa merayakan lebaran ketupat dulu besok. Sehingga ini akan memberikan relaksasi juga bagi kepadatan jalan," jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran persnya saat meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama, Km 70, Minggu.

Ia juga mengungkapkan, pada H+4 kemarin, tercatat pergerakan kendaraan mengalami puncak tertinggi. Dari Bakauheni ke Merak, pergerakan kendaraan mencapai lebih dari 37 ribu dalam sehari. Sementara, untuk jalur tol Semarang ke Jakarta mencapai 170 ribu lebih kendaraan. Jumlah itu menjadi rekor tertinggi sepanjang pengelolaan arus mudik.

Budi menjelaskan, dengan adanya rekayasa lalu lintas di jalur tol, waktu tempuh perjalanan terbukti menjadi lebih singkat. Untuk ini dirinya meminta seluruh unsur terkait untuk tetap waspada dan kompak menjaga pergerakan di arus balik tetap terkendali.

"Kalau tidak ada rekayasa, perjalanan Semarang ke Jakarta bisa 11 jam 30 menit. Dengan adanya rekayasa menjadi 6 jam 30 menit," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit menyampaikan, akan terus meningkatkan pengelolaan dan pengendalian lalin di rest area di jalur tol.

"Upaya yang dilakukan diantaranya dengan menambah petugas, menghalau masyarakat yang memaksa masuk rest area yang sudah padat dengan menambah pembatas (rubbertone), dan mengoptimalkan pembawa BBM untuk melayani kendaraan yang membutuhkan bensin di jalur tol," katanya.

Lebih Siap
Sementara itu, Polri dinilai lebih siap mengatur dan mengamankan perjalanan mudik dan balik libur Lebaran 2022 yang terbukti dari kesigapan anggotanya merespons berbagai insiden di jalan.
"Pemerintah, dalam hal ini Polri sebagai barisan terdepan yang menjaga perjalanan pemudik jauh lebih siap, sungguh-sungguh, dan tulus menjaga kami," kata Dosen Hubungan Masyarakat Universitas Padjadjaran, FX Ari Agung Prastowo yang memanfaatkan libur Lebaran 2022 pulang ke kampung halaman.
Menurut dia, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu, banyaknya skema arus mudik dan arus balik yang dipersiapkan Polri membantu perjalanan para pemudik lebih lancar dan aman. "Saya dan keluarga jauh lebih bahagia dalam perjalanan festival silaturahmi," kata Ari.

Topik Menarik