Loading...
Loading…
Gejala Hepatitis Penting  Diketahui Orang Tua

Gejala Hepatitis Penting Diketahui Orang Tua

Nasional | koran-jakarta.com | Senin, 09 Mei 2022 - 00:07

JAKARTA - Gejala hepatitis sangat penting untuk diketahui orang tua. Hal itu seiring dengan adanya temuan kasus hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak.

Demikian disampaikan Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Piprim Basarah Yanuars, dalam keterangannya, di Jakarta, Minggu (8/5).

"Kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya orang tua agar dapat mengenali gejala dan tanda kasus hepatitis akut ini," ujarnya.

Dia menuturkan, gejala-gejala hepatitis antara lain mual dan muntah, diare, nyeri perut, kuning pada mata, penurunan kesadaran, kejang, lesu, dan demam tinggi.

Dia juga meminta masyarakat menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan serta menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah penularan kasus hepatitis akut misterius. Menurutnya, masyarakat harus tetap tenang dan tidak panik, tapi tetap waspada dan hati-hati.

"Selanjutnya agar kita semua bisa mendeteksi dini, anak-anak yang ditemukan dengan gejala tersebut agar dibawa untuk diperiksakan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat," tandasnya.

Imunitas Lemah Sementara, Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Dwi Prasetyo, menerangkan, menyebut, kasus hepatitis akut yang belum diketahui masih terus diteliti. Menurutnya, banyak faktor penyebab penularan hepatitis pada anak.

Baca Juga :
Pakar: Penting untuk Orang Tua Pahami Gejala Awal Hepatitis Akut

Dia menilai, perkembangan imunitas anak yang belum kuat jadi salah satunya. Apalagi laporan penularan penyakit ini juga terjadi pada bayi yang baru lahir.

"Saat ini yang dilaporkan masih anak-anak, tetapi tidak mustahil bisa menular ke orang dewasa. Sekarang masih ditelusuri," jelasnya.

Dia menerangkan, hingga saat ini, baru hepatitis A dan B yang sudah memiliki vaksin. Menurutnya, vaksin wajib dilakukan meski belum pasti mencegah penularan hepatitis misterius. "Vaksinasi hepatitis B sudah masuk program imunisasi nasional, sehingga bisa diperoleh di tingkat layanan kesehatan primer secara gratis," terangnya.

Dwi menyepakati, pentingnya peningkatan penerapan pola hidup higienis dan sering menjaga kebersihan tubuh. Masyarakat Indonesia telah banyak belajar menjaga kebersihan dari pandemi Covid-19. "Sehingga hal ini dapat memperkuat kewaspadaan masyarakat dalam menghindarkan diri dari penularan hepatitis misterius. Masyarakat sudah punya pengalaman tentang hidup sehat dari Covid-19," katanya.

Baca Juga :
Ini Gejala Hepatitis Akut pada Anak Menurut Dokter RSPI

Original Source

Topik Menarik