Megawati Pergi ke Korea Selatan, Pertama Kali Keluar Negeri di Masa Pandemi

Megawati Pergi ke Korea Selatan, Pertama Kali Keluar Negeri di Masa Pandemi

Nasional | inewsid | Minggu, 8 Mei 2022 - 22:37
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri telah mendarat di Seongnam, Seoul, Korea Selatan, Minggu (8/5/2022) waktu setempat. Megawati akan menghadiri pelantikan Presiden terpilih Korea Selatan, Yoon Suk Yeol.

Di Seoul, Megawati disambut Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto, Deputi Jenderal MOFA dan atase pertahanan Indonesia.

Tidak hanya pelantikan Yoon, Megawati juga akan menerima penganugerahan gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, menjelaskan, Megawati tiba di Seoul bersama sejumlah jajaran PDIP serta para staf pribadinya. Terdapat di dalam rombongan antara lain Bendahara Umum PDIP, Olly Dondokambey, dan Ketua DPP PDIP bidang Kelautan, Perikanan, dan Nelayan, Rokhmin Dahuri.

"Setelah dua tahun masa pandemi, ini baru pertama kali bagi Ibu Megawati keluar dan naik pesawat. Baru ini setelah pandemi. Selama pandemi, belum pernah Ibu Mega naik pesawat keluar negeri. Bahkan selama pandemi, Ibu Megawati juga tidak pernah ke Bali," kata Hasto dalam keterangannya.

Hasto mengatakan, undangan dari Republik Korea Selatan ini merupakan suatu kehormatan. Undangan bersifat khusus oleh presiden terpilih untuk menghadiri pelantikan.

Megawati akan hadir di pelantikan yang dijadwalkan pukul 10.30 waktu setempat, Selasa (10/5/2022). Pada malam harinya, Megawati akan hadir di jamuan makan malam yang dibuat khusus oleh Yoon.

Keesokan harinya, Megawati akan berangkat lagi ke Istana Kepresidenan Korea Selatan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Yoon. Kemudian dilanjutkan ke Gedung Seoul Institute of the Arts untuk menghadiri upacara penganugerahan gelar profesor kehormatan.

Topik Menarik