5 Kota Terpanas di Indonesia, Nomor 1 Ternyata Bukan Jakarta

5 Kota Terpanas di Indonesia, Nomor 1 Ternyata Bukan Jakarta

Nasional | riau24.com | Minggu, 8 Mei 2022 - 21:08
share

RIAU24.COM- Indonesia, seperti yang sudah kita tahu merupakan salah satu negara tropis di dunia yang diberkahi dengan iklim yang hangat. Terletak tepat di garis Katulistiwa, negeri kita kaya akan curah hujan dan sinar matahari yang membekali tumbuhnya banyak makhluk hidup.

Akan tetapi, dari jejeran kota-kota di tanah air yang memiliki temperatur hangat, ada beberapa yang suhunya dapat meroket di atas normal. Saking panasnya, tidak sedikit area gersang yang terdapat pada setiap sudut kota tersebut, membuatnya terlihat kering dan tambah gerah.

Nah, selama ini apakah kamu tinggal di salah satu kota terpanas di Indonesia? Yuk, kita langsung cek daftarnya!

1. Bima

zxc1

Bima menjadi kota pertama dengan cuaca paling panas di Indonesia. Kota yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) itu memiliki suhu rata-rata 24 derajat celcius pada pagi hari. Sementara pada siang hari suhunya mencapai 33 derajat celcius.

Pada umumnya, Bima mengalami peningkatan suhu udara pada saat terjadi musim kering (El Nino). Puncak suhu udara terpanas yang pernah melanda Bima adalah 38 derajat celcius.

2. Pekanbaru, Riau

Kota lain di pulau Sumatera yang memiliki predikat sebagai kota terpanas di Indonesia adalah Pekanbaru yang terletak di provinsi Riau. Pekanbaru sendiri memiliki iklim tropis dengan suhu terendah mencapai 23 derajat celcius di pagi hari dan pada siang hari sekitar 33 derajat celcius sepanjang tahun.

Sementara rata-rata suhu udara tertinggi di beberapa daerah mencapai 34-35 derajat celcius. Hal tersebut merupakan temperatur normal yang tidak dipengaruhi oleh fenomena cuaca. Hanya saja karena kelembapan udara dan uap air yang rendah membuat udara di kota terasa lebih panas dan gerah. Dan itu terjadi bila sudah menginjak musim kemarau.

3. Surabaya

Siapasihyang enggak kenal dengan kota Surabaya? Kota terbesar kedua di Indonesia ini ternyata salah satu kota terpanas di Indonesia. Bagaimana tidak? Suhu kota buaya ini saat sedang musim kemarau bisa melambung sampai 34 derajat Celsius dan hanya menurun kurang lebih 4 derajat saat musim hujan.

4. Bekasi

Bekasi merupakan bagian dari kota megapolitan Jabodetabek yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Selain terkenal sebagai kota dengan penduduk terpadat, Bekasi juga dikenal sebagai salah satu kota terpanas di Indonesia.

Bekasi memiliki suhu terendah yang berada di titik 24 derajat celcius di pagi hari dan akan meningkat pada siang hari dengan suhu mencapai 32 derajat celcius. Kekurangan ruang terbuka hijau serta pembangunan yang terus menerus diperkirakan menjadi penyebab utama temperatur kota tersebut terasa panas. Suhu udara tertinggi yang ada di Bekasi sendiri pernah tercatat mencapai 37 derajat celcius akibat adanya gerak semu matahari yang menjadi siklus tahunan.

zxc2

5. Medan, Sumatera Utara

Kota terpanas di Indonesia berikutnya adalah Medan, Sumatera Utara. Kota ini pernah di landa suhu terpanas mencapai 36,8 derajat celcius. Adapun suhu rata-rata pada siang hari di sana mencapai 32 derajat celcius dan pada pagi hari 23 derajat celcius.

Apa penyebab Medan selalu terasa gerah, terutama saat musim kemarau tiba? Diperkirakan penyebab panasnya suhu udara di Medan adalah curah hujan yang minim sepanjang tahun.

Topik Menarik