KAI Sebut Kedatangan Pemudik Tujuan Jakarta Capai 40.900 Orang

KAI Sebut Kedatangan Pemudik Tujuan Jakarta Capai 40.900 Orang

Nasional | koran-jakarta.com | Minggu, 8 Mei 2022 - 16:36
share

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyebutkan jumlah kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini sudah mulai terdapat peningkatan. Total kedatangan di Stasiun Pasar Senen untuk hari ini, Minggu (8/5), mencapai sekitar 40.900 orang.

"Dari jumlah tersebut 14.900 kedatangan penumpang di Stasiun Gambir, 15.200 di Stasiun Pasar Senen, 4.200 di Stasiun Bekasi, 3.800 di Stasiun Jatinegara, dan 2.800 lainnya merupakan jumlah penumpang datang di Stasiun Cikampek, dan Jakarta Kota," kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa ditemui di Stasiun Senen, Jakarta, Minggu (8/5).

Eva mengatakan seluruh penumpang yang turun telah memenuhi persyaratan perjalanan karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan. "Penumpang datang juga dihimbau agar tidak perlu terburu-buru saat turun dari kereta, pastikan seluruh barang bawaan yang ada di area tempat duduk dan tak bagasi tidak tertinggal," ujarnya.

Menurut Eva, selama pelaksanaan arus balik H+5 lebaran berlangsung aman, lancar, dan kondusif. Hal ini terbukti belum adanya laporan kasus kejahatan atau peristiwa lain yang mengganggu kenyamanan.

"Sejauh ini tidak ada temuan, semua berjualan kondusif, lancar, aman. Laporan penumpang di stasiun terkait pencopetan dan lain-lain tidak ada, di Pasar Senen kami belum menemukan laporan," ujar Eva.

Disamping itu, menurut Eva, saat ini petugas yang dikerahkan mencapai 610 personel gabungan TNI/Polri yang ditempatkan di beberapa titik menjaga area tetap aman.

Saat ini, lanjut Eva, sebanyak 543.300 tiket terjual untuk keberangkatan periode 22 April s.d 8 Mei. Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

"Tercatat puncak kepadatan volume penumpang keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen terjadi mulai tanggal 27 April sampai dengan 1 Mei 2022. Pada kurun waktu tersebut, okupansi penumpang KAJJ yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen," tuturnya.

Untuk hari ini, Eva mengungkapkan di Stasiun Gambir terdapat 36 KA beroperasi, dari jumlah tersebut 8 diantaranya merupakan KA tambahan. Adapun Volume penumpang berangkat sebanyak 11.700 atau 67 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 17.700.

"Sementara untuk Stasiun Pasar Senen terdapat 29 KA beroperasi, 3 KA diantaranya merupakan KA Tambahan. Volume penumpang berangkat sebanyak 12.700 atau 60 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 21.500," pungkasnya.

Topik Menarik