Kecam Rektor ITK, Muslim Bersatu Balikpapan Bakal Gelar Aksi

Kecam Rektor ITK, Muslim Bersatu Balikpapan Bakal Gelar Aksi

Nasional | apahabar.com | Minggu, 8 Mei 2022 - 15:14
share

apahabar.com, BALIKPAPAN Pernyataan Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Prof Budi Santosa Purwokartiko, menggerakkan Forum Muslim Bersatu Balikpapan untuk menggelar aksi.

Aksi itu merupakan bentuk kecaman atas pernyataan Budi Santosa yang dinilai telah memecah belah persatuan bangsa, serta mengandung ujaran kebencian lantaran menyebut perempuan berhijab dengan manusia gurun.

Forum Umat Muslim Bersatu Balikpapan berencana akan melakukan longmarch ke kantor DPRD Balikpapan dan Polresta Balikpapan, Jumat (13/5) mendatang.

Pernyataan itu dinilai mengandung sifat permusuhan terhadap suatu ajaran agama di Indonesia, papar Penanggung Jawab Muslim Bersatu Balikpapan, Abdul Rais, Minggu (8/5).

Serta mengandung pernyataan perasaan kebencian atau penghinaan berdasarkan golongan, suku dan agama, imbuhnya.

Lebih lanjut Forum Muslim Bersatu Balikpapan menegaskan bahwa pernyataan Budi Santosa merupakan tindakan Islamofobia.

Jangan terdapat narasi, tindakan, ujaran kebencian, penghinaan, penistaan yang dapat berkembang menjadi Islamofobia Kaltim, terutama di Balikpapan. Tugas kami sebagai muslim adalah memerangi Islamofobia itu, tegas Rais.

Sebelumnya Forum Muslim Bersatu Balikpapan juga telah mengeluarkan sikap atas pernyataan Budi Santosa. Berikut pernyataan sikap mereka:

1. Mengutuk tulisan-tulisan Prof Budi Santosa Purwokartiko tidak patut dan berpotensi memecah belah persatuan bangsa.

2. Meminta Prof Budi Santosa Purwokartiko untuk meminta maaf secara terbuka kepada umat Islam.

3. Mendorong aparat penegak hukum untuk segera memproses hukum Prof Budi Santosa Purwokartiko.

4. Menyeru kepada umat Islam untuk menguatkan persatuan, meningkatkan semangat mendakwahkan ajaran Islam yang kaffah guna terwujudnya Islam rahmatan lilalamin.

Topik Menarik