Loading...
Loading…
Polisi Imbau Warga ke Banda Aceh Lewat Tol

Polisi Imbau Warga ke Banda Aceh Lewat Tol

Nasional | acehsatu.com | Minggu, 08 Mei 2022 - 02:58

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH - Masyarakat yang berangkat ke Banda Aceh dari arah Medan, Sumatera Utara disarankan melewati jalan tol untuk mencegah kemacetan.

Sebab, di hari terakhir libur Lebaran diprediksi akan terjadi lonjakan kendaraan dari berbagai daerah. Hari ini diperkirakan menjadi puncak arus balik.

"Kepada masyarakat yang akan masuk Banda Aceh atau ke Medan disarankan menggunakan tol Blangbintang-Seulimum, supaya lancar di jalan dan tidak mengalami kemacetan," kata Dirlantas Polda Aceh Kombes Dicky Sondani, Minggu (8/5/2022).

Dicky mengatakan, jumlah kendaraan yang melintas di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Aceh mengalami peningkatan. Akibatnya terjadinya kemacetan di mana-mana. Menurutnya, kemacetan disebabkan karena volume kendaraan dengan kapasitas jalan di Aceh tidak seimbang. Polisi mengatur lalu lintas di Jalinsum Medan-Aceh (Foto: Istimewa)

"Jalur-jalur alternatif tidak ada, sehingga pemudik tidak ada pilihan lain. Belum lagi masih ada jembatan atau jalan yang masih dalam tahap pembangunan, ini pun akan menjadi potensi kemacetan," jelasnya.

Untuk mencegah kemacetan panjang, Dicky memerintahkan jajaran Kasat Lantas di Aceh untuk memberlakukan sistem buka tutup ruas jalan. Kemacetan kerap terjadi pada sore hingga malam hari.

Baca Juga :
Seorang Warga Aceh Besar Serahkan Senjata Api Laras Pendek

"Kendaraan yang padat arus lalu lintas akan mendapatkan prioritas jalan dahulu," jelasnya.

Selain itu, Dicky juga mengimbau pengendara di Aceh untuk selalu berhati-hati saat berkendara. Dia menyebut, selama Idul Fitri 1443 H banyak terjadi Kecelakaan lalu lintas di sejumlah daerah di Tanah Rencong.

"Masyarakat harus lebih berhati-hati saat berkendara. Terlebih saat arus balik, volume kendaraan terutama di jalan Banda Aceh-Medan mengalami peningkatan," ujarnya.

"Kita juga meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat berkendara. Kalau mengantuk atau kurang fit, sebaiknya beristirahat di pos-pos pengamanan lebaran terdekat," terang Dicky. (*)

Original Source

Topik Menarik