Dirut Jasa Marga: One Way Diberlakukan Demi Kenyamanan Pemudik Yang Hendak Balik

Dirut Jasa Marga: One Way Diberlakukan Demi Kenyamanan Pemudik Yang Hendak Balik

Nasional | rm.id | Minggu, 8 Mei 2022 - 12:07
share

Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Purwantono menuturkan, rekayasa lalu lintas dengan menerapkan one way mampu mencegah kemacetan di jalan tol. Hal itu bisa memberi kenyamanan para pengendara, terutama mereka yang selesai mudik untuk kembali ke Jakarta.

"One way untuk mengurangi kemacetan yang panjang di ruas tol arah Jakarta. Kami berusaha mengutamakan keselamatan dan kenyamanan bersama sehingga para pemudik dapat kembali ke rumah," ujar Rivan dalam keterangan pers, Minggu (8/5).

Ia mengingatkan para pemudik menjaga kebugaran fisik sebaik mungkin. Pengendara dipersilahkan memanfaatkan fasilitas untuk beristirahat Pos Pelayanan Terpadu atau Rest Area.

Jika lelah dan merasa mengantuk dengan disarankan langsung mengunjungi fasilitas beristirahat untuk sejenak melepas lelah.

"Khusus pemudik yang akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi agar taati aturan rekayasa lalu lintas yang ditetapkan pemerintah, baik itu sistem ganjil-genap dan oneway atau juga contraflow, walaupun angka kecelakaan periode Lebaran tahun ini lebih rendah dibandingkan tahun 2019," imbau Rivan.

Seperti diketahui, arus balik Lebaran 2022 dibuka dengan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way dari Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang ke arah barat, sejak Jumat (6/5) pukul 14.00 WIB. One way diberlakukan sampai Minggu (8/5) malam pukul 23.59.

Korlantas Polri menyiapkan dua skema rekayasa akses jalan tol saat pelaksanaan arus balik ke arah DKI Jakarta, pasca libur Idul Fitri 2022.

Dua diskresi kepolisian tersebut yaitu penerapan skema one way atau satu arah, dan contraflow bagi kendaraan yang kembali dari Jawa Tengah (Jateng), menuju arah ibu kota negara.

Pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung, di Kilometer (Km) 414, sampai dengan Km 47 Tol Cikampek. Sistem satu arah sampai Km 47 Tol Cikampek tersebut, akan disambut dengan skema contraflow menuju Km 28+500.

Pelaksanaan one way diperkirakan bisa berlangsung selama 24 jam hingga Minggu malam. Jika memiliki waktu cuti yang cukup, disarankan bagi pemudik untuk kembali setelah tanggal 9 Mei.

Lalu, jangan menunggu di depan pintu tol karena dapat memperparah kepadatan kendaraan arus balik. Ia meminta pengendara mengikuti arahan pemerintah dengan baik yang dapat dipantau melalui media online dan media sosial.

Adapun dalam pelepasan arus balik Lebaran 2022 dilakukan oleh Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi dan Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Purwantono.

Sementara penerapan sistem one way dipimpin langsung Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi dengan mengemudikan kendaraan operasional mengawal pemudik.

Turut hadir dalam pelepasan arus balik Lebaran 2022, yakni Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan, Wakapolda Jateng Brigjen Abioso Seno Aji, Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana dan Kepala Cabang Jasa Raharja Jawa Tengah Jahja Joel. [JAR]

Topik Menarik