Loading...
Loading…
Perkenalkan Budaya Banjar, Pemuda Kalsel Tampilkan Madihin di Atas Sungai Martapura

Perkenalkan Budaya Banjar, Pemuda Kalsel Tampilkan Madihin di Atas Sungai Martapura

Nasional | apahabar.com | Minggu, 08 Mei 2022 - 12:16

apahabar.com, BANJARMASIN Sekelompok pemuda di Kalimantan Selatan (Kalsel) memiliki cara unik dalam memperkenalkan seni dan budaya daerah.

Mereka menaiki kapal mesin menjelajahi Sungai Martapura hingga ke Pasar Terapung Lok Baintan di Kabupaten Banjar pada Minggu (8/5).

Sambil menyusuri sungai, mereka menampilkan kesenian madihin di hadapan pedagang dan pengunjung Pasar Terapung.

Para pemuda dari kalangan mahasiswa itu juga membuat sketsa Pasar Terapung Lok Baintan.

Susur sungai itu merupakan proses untuk memperkenalkan budaya di Kalsel, ujar Pelopor Sadar Budaya, Gusti Anisa Wulandari.

Dengan cara itu, dia berharap masyarakat bisa lebih mengenal dengan seni dan budaya di Kalsel, seperti rumah lanting, pasar terapung hingga madihin.

Kegiatan ini juga digelar bersamaan dengan Lomba Desain Motif Budaya Kalsel yang bekerja sama dengan HIMA Arsitektur ULM. Pesertanya dari kalangan pelajar dan mahasiswa di Kalsel.

Budaya Kalsel semakin terkikis karena ada budaya dari luar dan asing. Makanya kita mengajak anak muda kembali mengenal budayanya, imbuhnya.

Hasil karya dari lomba tersebut akan dijadikan suatu produk yang nantinya disebarluaskan dan diperkenalkan kepada masyarakat.

Baca Juga :
Pemprov Siap Revitalisasi Sungai Martapura untuk Pariwisata

Alvaprav yang berhasil meraih juara dalam lomba tersebut memilih menggambar kain dengan motif Banjar. Ada pula tambahan elemen air yang identik dengan Kalsel. Perlu waktu dua hari untuk menyelesaikan karya tersebut.

Desain itu merupakan ciri khas dari Kalsel. Inspirasinya dapat dari desain lain yang dicoba diadaptasi, pungkasnya.

Original Source

Topik Menarik