Kehabisan Tiket Kapal, Ratusan Calon Penumpang Kecewa karena Gagal Berangkat ke Pontianak

Kehabisan Tiket Kapal, Ratusan Calon Penumpang Kecewa karena Gagal Berangkat ke Pontianak

Nasional | koran-jakarta.com | Minggu, 8 Mei 2022 - 11:21
share

PONTIANAK - Ratusan calon penumpang di Pelabuhan Teluk Batang gagal berangkat dikarenakan kapal motor yang tersedia penuh pada puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 2022, Sabtu kemarin (7/5).

"Saya tidak kebagian tiket lagi, karena penumpang yang mau ke Pontianak sangat ramai sekali, jadi saya memilih untuk pulang lagi ke Sukadana," kata Dea salah seorang calon penumpang yang gagal berangkat ke Pontianak di Dermaga Teluk Batang, Minggu (8/5).

Dia menjelaskan, enam unit kapal motor yang disediakan tidak bisa menampung pemudik yang akan pergi ke Pontianak, Kalbar akibatnya banyak penumpukan penumpang di Pelabuhan Teluk Batang yang didominasi oleh mahasiswa atau mahasiswi asal Kabupaten Kayong Utara.

"Rencananya saya hari ini berangkat lagi ke Pelabuhan Teluk Batang lebih awal agar bisa kebagian tiket kapalnya," ujar dia.

Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah daerah setempat melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Kayong Utara telah menyediakan armada yang lebih besar untuk mengangkut penumpang yang tidak kebagian tiket pada Sabtu (7/5) kemarin sore.

"Sudah kami upayakan sekarang, armada besar sekarang, untuk itu saya sudah ada di lokasi pelabuhan," kata Staf Pengelola Sarana Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Kayong Utara, Mulyo Hariono

Pihaknya terus melakukan pemantauan dan pemeriksaan serta mengutamakan keselamatan penumpang yang akan berangkat baik kelayakan kapal motor dan maksimum kapasitas angkutan dari armada angkutan sungai tersebut.

"Sebelum kapal motor berangkat petugas kami melakukan pengecekan, yang utama tersedianya alat keselamatan seperti baju pelampung, pemadaman kebakaran, dan kelengkapan alat apung," katanya.

Topik Menarik