BMKG: Gempa M5,2 di Melonguane Akibat Aktivitas Sesar Lempeng Laut Maluku

BMKG: Gempa M5,2 di Melonguane Akibat Aktivitas Sesar Lempeng Laut Maluku

Nasional | okezone | Minggu, 8 Mei 2022 - 10:54
share

JAKARTA Gempa magnitudo (M) 5,2 yang mengguncang Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara disebabkan oleh gabungan gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar pada lempeng Laut Maluku, demikian dilaporkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,63 LU ; 127,01 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 34 Km arah Timur Damau, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar pada lempeng laut maluku, kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan resminya, Minggu (8/5/2022).

Sementara itu, Bambang mengatakan dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).

Gempabumi ini dirasakan di daerah Melonguane dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 09.47 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ), ungkap Bambang.

Topik Menarik