1,2 Juta Kendaraan Belum Balik ke Jakarta, Hari Ini Puncak Arus Balik?

1,2 Juta Kendaraan Belum Balik ke Jakarta, Hari Ini Puncak Arus Balik?

Nasional | jawapos | Minggu, 8 Mei 2022 - 10:25
share

JawaPos.com PT Jasa Marga mencatat masih ada 1,2 juta atau sekitar 60 persen kendaraan yang belum kembali ke Jabotabek. Sebab total terdapat 2 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek pada H-10 sampai dengan H1, atau pada 22 April-2 Mei 2022.

Hingga kemarin, kami mencatat baru sekitar 815 ribu kendaraan yang kembali ke Jabotabek, yang berarti masih ada sekitar 60 persen atau 1,2 juta kendaraan yang belum kembali, kata Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru dalam keterangannya, Minggu (8/4).

Oleh karena itu, Jasa Marga memprediksi pada hari ini masih menjadi puncak arus balik, dimana jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek akan mencapai 269.444 kendaraan, naik 53,6 persen dari lalu lintas normal periode November 2021.

Melihat masih ada lebih dari setengah total kendaraan mudik via jalan tol yang belum kembali, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk kembali mengatur waktu perjalanan.

Sejak kemarin, kami mengimbau masyarakat untuk tidak pulang di puncak arus balik. Kami berharap dengan adanya kebijakan perpanjangan libur anak sekolah hingga 12 Mei 2022, maka lalu lintas sebesar 60 persen yang belum kembali tadi bisa terdistribusi hingga pekan depan, ungkap Heru.

Namun jika tetap pulang besok, kami mohon pengguna jalan untuk bersabar karena jumlah lalu lintas yang datang secara bersamaan menuju Jabotabek akan luar biasa, pungkas Heru.

Topik Menarik