Loading...
Loading…
Aktris Senior Kang Soo-youn Meninggal Dunia

Aktris Senior Kang Soo-youn Meninggal Dunia

Nasional | republika | Minggu, 08 Mei 2022 - 10:17

(Annyeonghaseyo) yeorobundeul...

Kabar duka menyelimuti dunia hiburan Korea Selatan (Korsel), Sabtu (7/5/2022) waktu setempat. Kang Soo-youn, bintang film ikonik tahun 1980-an dan 1990-an meninggal dunia dua hari setelah menderita serangan jantung. Dia tutup usia pada 55 tahun.

Keluarga aktris itu mengatakan Kang meninggal karena pendarahan otak pada pukul 15.00 KST di sebuah rumah sakit di selatan Seoul pada Kamis (5/5/2022). Dia telah menerima perawatan medis di rumah sakit setelah jatuh pingsan di rumahnya.

Altar peringatannya akan didirikan di Samsung Medical Center di Seoul. Upacara pemakamannya dijadwalkan pada Rabu pekan depan.

Kim Dong-ho, mantan ketua dewan Festival Film Internasional Busan (BIFF), memimpin komite pemakaman yang terdiri dari tokoh-tokoh industri kunci, termasuk rekan-rekannya.

Seperti dilansir laman Yonhap News Agencies, Minggu (8/5/2022), Kang lahir di Seoul pada 1966 dan melakukan debut aktingnya untuk penyiar lokal TBC pada usia empat tahun. Dia membintangi sejumlah serial TV dan film dan menjadi aktor cilik terkemuka di tanah air.

Pada usia 21, ia menemukan kembali dirinya sebagai aktris yang memenangkan Aktris Terbaik di Festival Film Internasional Venesia untuk perannya dalam "The Surrogate Womb" yang disutradarai oleh Im Kwon-taek pada 1987. Dengan prestasi tersebut, ia menjadi aktor Korea pertama yang menang di salah satu dari tiga festival film internasional paling bergengsi di dunia -- Cannes, Venesia, dan Berlin.

Baca Juga :
Jadi presenter Oscar 2022, Youn Yuh-jung catat sejarah baru

Dua tahun kemudian, ia mengambil peran utama dalam film sutradara Im berikutnya "Come, Come, Upword" (1989) dan menerima penghargaan aktris terbaik di Festival Film Internasional Moskow. Berkat dua penghargaan internasional utama, ia mendapat julukan "bintang kelas dunia" dan menjadi salah satu bintang film paling dicari di Korsel.

Dia menikmati masa kejayaannya di 1990-an, membintangi banyak box office hits, termasuk "The Road To Race Track" (1991), "Blue in You" (1992), "Go Alone Like Musso's Horn" (1995) dan "Girl's Night Outs" (1998).

Dalam proyek awalnya, seperti "The Surrogate Womb," ia mengambil peran sebagai wanita Korea yang menderita kesulitan di bawah sistem patriarki yang mengakar. Dalam karya-karya pada 1990-an, ia mewakili perubahan citra perempuan dalam masyarakat Korea dalam film-film feminis seperti "Go Alone Like Musso's Horn" dan "Girl's Night Out."

Baca Juga :
7 Aktris Korea ini meninggal di usia muda, termasuk Kim Mi-soo

Penampilan Kang di TV lebih sedikit daripada aktivitas layar lebarnya, tetapi dia adalah salah satu bintang paling bankable di industri ini. Drama masa depan "Diary of High School Student," yang ditayangkan di KBS dari tahun 1983-1986, membantunya menjadi salah satu bintang remaja yang paling dicintai di Korea. Dan drama politik sejarah "Ladies of the Palace" (2001) di SBS, di mana Kang mengambil peran utama, adalah salah satu serial TV dengan rating tertinggi tahun itu.

Dari 2015-17, ia menjabat sebagai co-executive director BIFF. Dia ditetapkan untuk melanjutkan karir filmnya dengan film baru berjudul "Jung-E," sebuah film asli Netflix yang disutradarai oleh Yeon Sang-ho dari "Train to Busan" (2016). Ini dilakukannya sekitar 10 tahun setelah Kang membintangi film indie pendek "Jury" pada tahun 2013.

Original Source

Topik Menarik