Loading...
Loading…
Polda Banten Terapkan 3 Skenario Dalam Pelayanan Arus Balik

Polda Banten Terapkan 3 Skenario Dalam Pelayanan Arus Balik

Nasional | bantennews.co.id | Minggu, 08 Mei 2022 - 10:11

SERANG Dalam rangka memantau situasi arus balik, Kapolda Banten Irjen Pol Prof Rudy Heriyanto Adi Nugroho bersama Pejabat Utama Polda Banten meninjau langsung rest area Km 68 Tol Merak Cikupa.

Dalam kegiatan ini Kapolda Banten juga mengecek langsung kesiapan Pospam Rest Area Km 68 B dalam melayani para pemudik yang kembali dari kampung halaman pasca libur Lebaran.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Banten mengatakan pihaknya bersama Pejabata Utama Polda Banten dan Wakapolresta Serang Kota meninjau langsung kondisi Rest Area Km 68 dan memantau langsung situasi arus balik.

Seperti yang terlihat kasat mata, belum terjadi peningkatan pemudik di rest area, baik untuk istirahat maupun untuk belanja dan kepentingan lainnya. Jika kapasitas rest area penuh, maka akan dilakukan buka tutup akses masuk sehingga tidak berdampak munculnya penyempitan jalur pada jalan tol, dan menghimbau agar pengendara maksimal istirahat 1 jam untuk kemudian lanjutkan perjalanan, ujar Kapolda dalam keterangannya, Sabtu (7/5/2022).

Polda Banten menerapkan 3 skenario dalam pelayanan arus balik, sama seperti pelayanan arus mudik yaitu pada saat situasi normal atau hijau, situasi padat atau kuning hingga situasi macet total berkepanjangan atau merah.

Baca Juga :
Puncak Arus Balik, Polisi Siapkan 35 Titik Pos Pelayanan di Tangerang

Pada situasi kuning, rekayasa lalin diarahkan pada contra flow dengan memberdayakan 2 lajur jalan tol arah merak untuk digunakan pengendara arus balik arah Jakarta, jelas Kapolda Banten.

Khusus untuk menghadapi situasi merah, Polda Banten akan mengalihkan arus lalin menuju GT Cikupa ke gerbang tol sebelumnya, baik di Balaraja Timur, Balaraja Barat juga gerbang tol lainnya sesuai kebutuhan, kendaraan dialihkan ke jalur arteri.

Selanjutnya untuk mengurai kepadatan kendaraan di pintu Tol Merak dan Tol Cikupa saat puncak arus balik Polda Banten sudah berkoordinasi dengan pihak pengelola tol untuk menambah petugas tol yang dapat jemput bola untuk melakukan tap kartu tol kendaraan yang mengantri.

Dengan demikian diharapkan pelayanan pembayaran online di gerbang tol berjalan lebih cepat sehigga kepadatan lebih cepat terurai, tambah Kapolda Banten.

Selain mengecek Rest Area serta Pospam Kapolda Banten juga memberikan bingkisan kepada personel Pospam. Kapolda Banten juga memberikan bingkisan kepada personel Pospam serta pengelola Rest Area, lanjut Kapolda Banten.

Baca Juga :
Libur Panjang, Polda Metro Siapkan Pengaturan Lalu Lintas

Sementara Kabid Humas Polda Banten menghimbau kepada pemudik jika sudah merasa lelah atau kurang fit agar segera beristirahat di rest area yang disediakan.

Kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak sungkan untuk datang ke Pospam dan Posyan untuk sekedar beristirahat maupun melaksanakan vaksinasi dan mengecek kesehatan sehingga perjalan arus mudik berjalan lancar, kata Shinto.

Terakhir Shinto mengatakan apabila pengemudi mendapatkan hambatan saat mudik dapat menghubungi Call Center 110 atau update informasi arus mudik terkini di media sosial Bidhumas Polda Banten. Instagram : humaspoldabanten, Facebook : Polda Banten, Twitter : @_poldabanten, Tiktok : poldabanten, Youtube : Polda Banten.

(Red)

Original Source

Topik Menarik