Loading...
Loading…
Update Jasa Marga Imbau :Pemudik Tak Balik Bebarengan Hari Ini

Update Jasa Marga Imbau :Pemudik Tak Balik Bebarengan Hari Ini

Nasional | law-justice.co | Minggu, 08 Mei 2022 - 08:52

Jasa Marga menyatakan telah siap menerapkan rekayasa satu arah atau one way pada periode arus balik 2022.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pemudik untuk tidak pulang pada puncak Arus Balik 2022 atau pada 9 Mei 2022. Perusahaan pengelola jalan tol milik negara ini mengarahkan pemudik untuk kembali menuju tempat tinggalnya , ke arah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi sebelum nya yaitu pada 6-8 Mei 2022 atau setelah 9 April 2022. Perseroan menyatakan telah siap menerapkan rekayasa satu arah atau one way pada periode arus balik 2022. Hal tersebut dinilai penting karena kendaraan dari arah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur akan serentak menuju wilayah Jabodetabek.

Hari ini diprediksi masih menjadi puncak arus balik Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

"Sejak kemarin, kami mengimbau masyarakat untuk tidak pulang di puncak arus balik besok (Minggu, 8 Mei)," kata Corporate Communication and Community Development Group Head, Dwimawan Heru, Sabtu malam, 7 Mei 2022.

Dia berharap agar masyarakat dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek pada arus balik. Apalagi, saat ini sudah ada kebijakan perpanjangan libur anak sekolah.

Baca Juga :
Tol Jakarta-Cikampek Padat, Jasa Marga Imbau Pemudik Isi Penuh BBM dan Cukupi Saldo E-Toll

"Kami berharap dengan adanya kebijakan perpanjangan libur anak sekolah hingga 12 Mei 2022, maka lalu lintas sebesar 60 persen yang belum kembali tadi bisa terdistribusi hingga pekan depan," katanya.

Baca: Arus Balik Kendaraan Via GT Tol Cikupa Sabtu Malam Mulai Ramai

Akan tetapi jika pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat tetap pulang ke Jabotabek besok, maka dia mengimbau agar mereka dapat bersabar karena akan ada peningkatan lalu lintas yang luar biasa.

"Jika tetap pulang besok, kami mohon pengguna jalan untuk bersabar. karena jumlah lalu lintas yang datang secara bersamaan menuju Jabotabek akan luar biasa," ujarnya.

Dia menyampaikan, diprediksi akan ada sebanyak 269.444 kendaraan yang menuju Jabotabek pada Minggu 8 Mei 2022. Angka tersebut, kata dia, mengalami peningkatan sebesar 53,6 persen dibandingkan lalu lintas normal periode November 2021.

Sebelumnya, Jasa Marga mencatat masih ada sebanyak 60 persen atau 1,2 juta kendaraan pemudik yang belum kembali ke Jabotabek. - Disarankan masyarakat memiliki masa yang panjang untuk melakukan mudik. Hal ini terlihat dari volume lalu lintas (VLL) pada arus mudik Lebaran 2022 masih tinggi hingga H+2 Hari Raya Idul Fitri 2022. Sementara itu, menurutnya, arus balik umumnya terpusat pada akhir pekan. Maka dari itu, rekayasa lalu lintas, baik contraflow maupun one way telah disiapkan dan akan dilakukan berdasarkan diskresi pihak Kepolisian.

Baca Juga :
Jasa Marga Imbau Pemudik Atur Waktu Perjalanan Kembali ke Jabodetabek

Original Source

Topik Menarik