Loading...
Loading…
CIA Ungkap China Mempelajari Invasi Rusia ke Ukraina untuk Taiwan

CIA Ungkap China Mempelajari Invasi Rusia ke Ukraina untuk Taiwan

Nasional | law-justice.co | Minggu, 08 Mei 2022 - 09:00

Kepala badan intelijen Amerika Serikat (AS) atau CIA Bill Burns mengklaim China saat ini tengah berhati-hati mempelajari langkah Rusia dalam menginvasi Ukraina. Hal tersebut dilakoni, karena China sedang berupaya untuk mengontrol langsung Taiwan.

"Jelas sekali pemimpin China mencoba untuk melihat hati-hati pelajaran apa yang bisa mereka ikuti dari Ukraina tentang ambisi mereka sendiri dan Taiwan," kata Burns, seperti dikutip dari AFP, Minggu (8/5/2022).

Burns mengaku dirinya berpikir China akan memberi `kejutan` setelah performa tak mengesankan dari militer Rusia di Ukraina.

"Saya pikir mereka telah dikejutkan oleh cara aliansi transatlantik bersatu untuk membebankan biaya ekonomi pada Rusia sebagai akibat dari agresi itu," demikian analisis Burns.

China, ia duga tengah gelisah dengan fakta bahwa apa yang dilakukan Rusia itu ternyata mendorong langkah yang lebih tegas dari Eropa dan AS dalam menjatuhkan sanksi ke Negara Beruang Merah tersebut.

"Kesimpulan apa yang didapat dari semua itu yang masih menjadi tanda tanya," kata Burns.

Dia berpikir China bakal lebih hati-hati mengambil sikap terhadap Taiwan, demi mencegah konsekuensi ekonomi dari negara-negara sekutu Taiwan.

Baca Juga :
AS Waspada, Rusia Dapat Menyerang Ukraina Kapan Saja

Original Source

Topik Menarik