Asia Memanas, Korut Tembak Proyektif, Jet China Menyusup Ke Taiwan

Asia Memanas, Korut Tembak Proyektif, Jet China Menyusup Ke Taiwan

Nasional | bukamatanews | Minggu, 8 Mei 2022 - 08:45
share

BUKAMATA - Kondisi negara-negara di Asia utamanya, Korea, Jepang, China dan Taiwan sedang memanas.

Korea Utara (Korut) lagi-lagi menembakkan proyektil yang diduga rudal balistik dari wilayahnya sementara Jet China juga tiba-tiba memasuki wilayah Taiwan.

Seperti dilansir AFC dan Reuters , Sabtu (7/5/2022). Korut menembakkan proyektil ke di wilayahnya yaitu ke perairan laut timur negara tersebut.

Negara tetangga Korut, Jepang dan Korea Selatan menduga proyektil tersebut merupakan rudal balistikbalistik.

Kepala Staf Gabungan Militer korsel melaporkan , sebuah proyektil tidak teridentifikasi di tembakkan Korut pada sabtu, (7/5/2022) waktu setempat.

"Korea Utara setidak nya menembakkan satu proyektil ke Laut Timur," katanya dalam pernyataannya. Hal senada disampaikan penjaga pantai Jepang. Mengutip dari pernyataan Kementrian Pertahanan Jepang, Korut telah meluncurkan objek \'yang diduga rudal balistik\'.

Peluncuran terbaru ini tercatat sebagai uji coba senjata ke-15 yang dilakukan Korut sepanjang tahun ini. Peluncuran proyektil ini dilakukan Korut hanya tiga hari setelah negara tersebut meluncurkan sebuah rudal balistik pada Rabu (4/5) lalu.

Kedua negara tetangga Korut, Korsel dan Jepang, lagi-lagi menuduh Korut meluncurkan sebuah rudal balistik. Belum ada pernyataan resmi dari media pemerintah Korut soal aktivitas peluncuran tersebut. Namun diketahui beberapa waktu terakhir, Pyongyang bersumpah akan mengembangkan kekuatan nuklirnya \'secepat mungkin\'.

Penyusupan Jet China

Sementara itu, kondisi memanas juga terjadi antar China dan Taiwan. Bagaimana tidak, sebanyak 18 pesawat jet tempur dan pesawat pengebom China masuk alam zona pertahanan udara Taiwan dalam sehari, atau sepanjang Jumat (6/5) waktu setempat.

Otoritas Taiwan menyebutnya sebagai penyusupan terbesar kedua sepanjang tahun ini.

Taiwan diketahui terus-menerus berada di bawah ancaman invasi China, yang menganggap pulau dengan pemerintahan demokratis itu sebagai bagian dari wilayahnya yang akan direbut kembali suatu hari nanti, dengan paksa jika perlu.

Pada kuartal terakhir tahun 2021 lalu, terjadi kenaikan dalam aktivitas penyusupan oleh Taiwan ke dalam Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ), dengan penyusupan terbesar dalam sehari terjadi pada 4 Oktober ketika total 56 pesawat militer China memasuki zona tersebut.

Kementerian Pertahanan Taiwan dalam pernyataannya menyebut ada 18 pesawat tempur China, yang termasuk 12 jet tempur J-11 dan J-16, juga dua pesawat pengebom H-6, yang masuk ke ADIZ pada Jumat (6/5) waktu setempat.

ADIZ tidak sama dengan wilayah udara teritorial Taiwan dan mencakup area yang lebih besar yang tumpang tindih dengan ADIZ milik China sendiri.

Menurut database AFP, itu menjadi penyusupan terbesar kedua dalam sehari sepanjang tahun ini, setelah 39 pesawat tempur China mengudara ke zona pertahanan Taiwan pada 23 Januari lalu.

Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan pihaknya mengerahkan sejumlah jet tempur untuk memberikan peringatan dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara untuk melacak pesawat-pesawat militer China.

Taiwan baru mulai mempublikasikan data soal aktivitas penyusupan oleh pesawat China pada September 2020.

Bulan Oktober 2021 tetap menjadi bulan tersibuk, dengan 196 penyusupan terjadi dan sekitar 149 penyusupan di antaranya dilakukan hanya dalam empat hari saat Beijing memperingati Hari Nasional.

Topik Menarik