Cegah Kepadatan Saat Arus Balik, Pemudik Diminta Manfaatkan WFH

Cegah Kepadatan Saat Arus Balik, Pemudik Diminta Manfaatkan WFH

Nasional | jawapos | Minggu, 8 Mei 2022 - 08:28
share

JawaPos.com Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat memanfaatkan work from home (WFH) atau kerja dari rumah dan libur sekolah untuk mengurai kemacetan saat arus balik 2022. Kemarin Sigit telah meninjau langsung Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Menurut Sigit, jika melihat grafik arus balik di Pelabuhan Bakauheni mulai dari dua hingga tiga hari ke belakang, mengalami peningkatan kapasitas penumpang. Dari 15.000 orang kemudian naik 16.000 dan naik lagi 31.000. Dan diperkirakan bisa naik hingga 41.000.

Pihak pelabuhan melakukan pengamanan untuk menghadapi puncak arus balik. Mulai dari mengatur rest area sebagai tempat menampung, manakala terjadi kepadatan di dermaga, sampai menambah jumlah dermaga di Bakauheni yaitu dermaga Panjang dan BBJ serta juga jumlah kapal.

Saya kira dengan rekayasa yang baik ini, kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Merak kemarin bisa dihindari di Pelabuhan Bakauheni, kata Sigit.

Mantan Kapolda Banten ini mengungkapkan, ada beberapa skema yang disiapkan petugas antara lain hijau, kuning dan merah. Merah berarti sudah padat. Dan dalam beberapa hari ini baru masuk situasi hijau. Saya harap situasi ini dapat bertahan terus, imbuhnya.

Sigit mengimbau masyarakat selama beberapa hari ke depan untuk memanfaatkan relaksasi yang diberikan sejumlah instansi atau lembaga agar tidak buru-buru kembali ke Jakarta. Sehingga bisa mencegah terjadinya kepadatan kendaraan.

Melalui relaksasi itu, masyarakat tanpa mengurangi kewajiban tugasnya bisa bekerja di rumah. Kemudian memanfaatkan waktu libur anak-anak khusus sekolah di Jakarta masuk 12 Mei.

Relaksasi tersebut harus dimanfaatkan dan diatur saat balik sehingga kepadatan di arus balik bisa dihindari dan bisa diurai. Yang lebih penting lagi masyarakat bisa kembali dengan nyaman dan selamat. Kami, pemerintah dan stakeholder terkait akan memberikan pelayanan terbaik, jelasnya.

Topik Menarik