Syaikhona Kholil Bangkalan Diperjuangkan PKS Jadi Pahlawan Nasional

Syaikhona Kholil Bangkalan Diperjuangkan PKS Jadi Pahlawan Nasional

Nasional | sindonews | Minggu, 8 Mei 2022 - 06:30
share

JAKARTA - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu berziarah ke makam Syaikhona Kholil , Sabtu, (7/5/2022). Ziarah ke makam seorang ulama besar asal Bangkalan, Madura itu bagian serangkaian kunjungan silaturahmi syawal yang dilakukan Ahmad Syaikhu di Jawa Timur.

Syaikhu berangkat dari Surabaya dini hari. Lalu meluncur ke kediaman cicit Syaikhona Kholil, KH Thoha Kholili. Kemudian bersama menuju Masjid Pesarean Syaichona Moh. Kholil Bangkalan Madura untuk melaksanakan salat subuh berjamaah.

Selanjutnya, rombongan melakukan ziarah ke makam Syaikhona Kholil yang berada di kompleks masjid. Dalam kepengurusan PKS saat ini, Syaikhu sudah dua kali melakukan ziarah ke Makam Syaikhona Kholil.

Sementara Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan juga sudah melakukan 3 kali ziarah. Diketahui, PKS sedang mengusulkan kepada pemerintah agar Syaikhona Kholil mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Ahmad Syaikhu menilai sangat pantas jika Syaikhona Kholil dinobatkan menjadi pahlawan nasional. "Syaikhona Kholil sengaja pulang ke Indonesia dari Mekkah untuk mengajarkan agama kepada para ulama, para tokoh yang menyemangati pejuang Indonesia kala itu," kata Syaikhu.

Lebih lanjut Syaikhu mengatakan, Syaikhona Kholil merupakan guru dari dua ulama terbesar Indonesia yang melahirkan ormas Islam terbesar Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, KH Hasyim Asyari dan KH Ahmad Dahlan. Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan menyampaikan bahwa jajaran DPW PKS Jatim sudah mengusulkan melalui anggota DPRD dari PKS.

Baca: Syaikhona Kholil, Guru Para Pahlawan yang Diusulkan Jadi Pahlawan

"Usulan itu juga kami teruskan ke Fraksi PKS DPR RI, untuk terus diperjuangkan di tingkat nasional," ujar pria 45 tahun itu.

Adapun kedatangan Presiden PKS ke Madura dan berziarah ke Makam Syaikhona Kholil mempertegas sikap PKS untuk memperjuangkan Syaikhona Kholil agar dikukuhkan oleh pemerintah sebagai pahlawan nasional. "Akan terus kami perjuangkan, beliau adalah guru dari para guru dan tokoh bangsa ini. Beliau guru para kiai yang menjadi spirit perjuangan melawan penjajah merebut kemerdekaan Indonesia," pungkasnya.

Topik Menarik