Ungkap Fakta untuk Jawab Hoaks BuzzeRp, Roy Suryo: Ide JIS dari Gub Foke, Dieksekusi Anies

Ungkap Fakta untuk Jawab Hoaks BuzzeRp, Roy Suryo: Ide JIS dari Gub Foke, Dieksekusi Anies

Nasional | radartegal | Minggu, 8 Mei 2022 - 06:20
share

Klaim para buzzerRp yang menyebut Jakarta Internasional Stadion (JIS)hasil kerja Joko Widodo (Jokowi) saat menjabat Gubernur DKI Jakarta, ditanggapi mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Roy Suryo pun mengungkap fakta sebenarnya.

Menurut Roy, JIS adalah ide dari Gubernur Fauzi Bowo atau Foke di 2008 lalu, yang diberi nama BMW. Kemudian ide itu hendak dilanjutkan oleh Jokowi, Ahok, dan Djarot tetapi terdapat masalah pengadaan lahannya.

Kemudian JIS benar-benar dieksekusi oleh Anies Baswedan yang juga merupakan janji kampanyenya."Agar tidak jadi bahan hoax buzzerRp, sejarah stadion JIS (BMW) idenya memang sejak Gub Foke tahun 2008."

"Namun di era-era sesudahnya (Jokowi, Ahok, Djarot) belum bisa dibangun karena tanah bermasalah, bahkan ada Laporan KPK tahun 2014," ujar Roy Suryo melalui akun Twitter-nya yang dikutip, Sabtu (7/5).

"Baru tanggal 14 Mar 2019 benar-benar dibangun oleh Gub Anies, AMBYAR," kata Roy Suryo.

Roy Suryo juga menjelaskan bahwa Gubernur Foke merancang stadiun BMW dengan kapasitas 40 ribu penonton. Serta dengan desain model lilitan surban. Namun dieksekusi Anies Baswedan dengan kapasitas 80.000 penonton dengan desain Ikatan Kepala.

"Biar tidak kudet (Kurang update), antara Impian stadion BMW (= Bersih, Manusiawi Wibawa) vs fakta Stadion JIS (Jok, eh, Jakarta International Stadium) itu beda Bingits," ujar Roy Suryo.

Desain BMW Kapasitas 40rb adalah lilitan sorban. Kalau JIS kapasitas 80rb adalah Ikatan Kepala dengan Gigi Belalang," ucap Roy Suryo. (fin/zul)

Topik Menarik